125 Pasutri Ikuti Isbat Nikah

125 Pasutri Ikuti Isbat Nikah

Loteng – Sebanyak 125 pasangan suami istri di Kopang Kabupaten Lombok Tengah mengikuti sidang isbat nikah keliling yang dilaksanakan Pengadilan Agama Praya bertempat di Kantor Urusan Agama Kecamatan Kopang.
Program isbat nikah keliling tersebut, merupakan upaya pemerintah membantu pasutri, yang belum memiliki buku nikah dan status perkawinannya belum terdaftar oleh Negara.
Ratusan pasangan suami istri yang belum memiliki buku nikah itu, tampak antusias mengikuti proses sidang isbat nikah keliling tersebut.
Kepala KUA Kecamatan Kopang, Aminudin Fahri, mengatakan program ini akan terus digalakkan selama ada permintaan dari masyarakat. Karena, jika melihat antusiasme masyarakat yang sudah mengikuti isbat nikah, maka program sidang keliling ini akan terus dilanjutkan, hingga semua pasutri yang belum memiliki buku nikah bisa terdaftar secara resmi oleh negara.
“Tergantung nanti permintaan dari masyarakat, kalau ada yang meminta, kita upayakan dan berkomunikasi dengan Pengadilan Agama”, ujar Aminudin.
Ainudin juga menambahkan pasutri yang sudah sah menikah secara agama, wajib memiliki buku nikah yang sah. Karena buku nikah akan menjadi acuan untuk mengurus Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk, Akta Kelahiran Anak maupun dokumen lain.
Warga negara yang tertib administrasi pernikahan dan kependudukan, secara otomatis masyarakat akan tercatat dalam data kependudukan, sekaligus memiliki identitas yang jelas dan diakui secara hukum.
Pengadilan Agama Praya, dalam hal ini akan memfasilitasi warga untuk mendapatkan jaminan dan kepastian hukum melalui program sidang keliling isbat nikah. Program tersebut diharapkan mampu memberikan akses kepada masyarakat untuk menyelesaikan masalah dokumen pernikahan, terutama bagi masyarakat yang ada di Desa.(ddy/ltg)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )