Akhirnya! Windows 11 Resmi Dirilis, Ini Sederet Fiturnya

Akhirnya! Windows 11 Resmi Dirilis, Ini Sederet Fiturnya

Bagi anda pengguna sistem operasi Windows, siap-siap update, karena Microsoft secara resmi meliris Windows 11 yang diklaim 40 persen lebih ringan dan efisien dari versi sebelumnya, pada Jumat (25/06/2021) dini hari waktu Indonesia.

Penasaran dengan apa saja yang baru di versi Windows terbaru ini, berikut sederet fiturnya.

Widget

Widget Foto: Microsoft

Microsoft memberikan Widget yang dapat diakses ketika kursor di arahkan ke kiri layar. Isinya berbagai informasi penting untuk pengguna, mulai dari cuaca, kalender, saham hingga berita. Widget ini dibekali AI dan dimungkinkan pengguna melakukan personalisasi. Selain itu tampilannya bisa dibuat lebih full screen hanya dengan menariknya saja.

Widgets dan gerakan sentuh juga merupakan bagian besar dari Windows 11. Widgets telah didukung konten yang dipersonalisasi dan dilengkapi dukungan AI. Widgets muncul pada sisi kiri Windows 11 dan bisa diatur sesuai keinginan pengguna.

Widgets bawaan mencakup linimasa berita terkini, informasi cuaca, dan tampilan kalender. Menariknya, ini juga menyertakan fitur yang memungkinkan pengguna memberi tip kepada pembuat konten lokal langsung dari dalam Windows 11.

Snap Layout

Snap Layouts. Foto: Microsoft

Snap Layouts. Foto: Microsoft

Selanjutnya diperkenalkan fitur yang disebut Snap Layout atau dukungan multi-monitor. Itu memungkinkan pengguna untuk membuka banyak aplikasi sekaligus dengan koneksi ke layar eksternal dari laptop.

Menariknya, sistem akan mengingat lokasi aplikasi yang dibuka pada layar terpisah tersebut dan tidak mengganggu layout layar utama. Posisi aplikasi itu akan kembali ketika pengguna melakukan koneksi ulang ke monitor.

Mengutip The Verge, Jumat (25/6/2021), Microsoft juga mengintegrasikan Microsoft Teams langsung ke Windows 11, baik untuk konsumen maupun pengguna komersial. Microsoft Teams terintegrasi langsung ke bilah tugas, memungkinkan pengguna Windows 11 untuk menelepon teman, keluarga, atau rekan kerja.

Teams

Teams terintegrasi di Windows 11. Foto: Microsoft

Microsoft mengintegrasikan Teams ke Windows 11. Memudahkan pengguna lebih terhubung dan berbagi file hanya dengan sekali klik di taskbar. Lalu nasib Skype bagaimana, akankah akan senasib dengan MSN Messenger?

Pen, Gesture, dan Voice Control

Pen, Gesture, dan Voice Control. Foto: Microsoft

Peningkatan selanjutnya ada pada perangkat pena tambahan. Pada perangkat pena tertentu, itu bisa mendukung umpan balik (feedback) haptic.

Microsoft juga memberikan gesture control, baik menggunakan pena atau jari pada layar sentuh. Diberikan keyboard virtual layaknya smartphone, lengkap dengan gerakan swipe, kontrol kursor dengan menekan spasi, dan emoji. Pengguna dapat menggunakan input suara untuk mendikte teks dengan tanda baca otomatis.

Kemudian, Windows 11 hadir dengan kemampuan voice typing yang telah ditingkatkan sehingga mampu mengenali suara penggunanya. Itu juga berarti peningkatan keakuratan kata yang diucapkan pengguna.

Desktops

Desktop Windows 11. Foto: Microsoft

Multitasking menjadi fokus utama dari Windows 11. Karena itu Microsoft memberikan cara yang lebih andal untuk melakukan banyak tugas dan tetap mengetahui apa yang perlu selesaikan dengan fitur Desktop.

Fitur ini memungkinkan pengguna mengelompokkan tugas dalam beberapa desktop. Jadi pengguna bisa memiliki Desktops untuk bekerja, bermain game, atau sekolah. Berpindah antar Desktops dapat dilakukan dengan mudah.

Bagi mereka yang menggunakan monitor kedua, ketika melepaskan layar tersebut, Windows 11 akan me-minimize tampilan monitor. Sebelumnya semua yang yang dibuka di monitor kedua langsung kembali ke layar utama.

Begitu mencolokkan kembali ke monitor kedua, apa yang di-minimize kembali seperti sebelumnya. Ini adalah tambahan yang sangat berguna bagi siapa pun yang menggunakan layar kedua.

Games

Games Windows 11. Foto: Microsoft

Selain itu, Windows 11 juga disebut-sebut akrab dengan gamers. Guna mendukung peminat game, Windows 11 menghadirkan fitur Auto HDR secara langsung tanpa perlu penyesuaian tambahan.

Mengaktifkan Auto HDR akan menambahkan High Dynamic Range (HDR) ke sejumlah besar game DirectX 11 dan DirectX 12, selama pengguna menggunakan monitor yang mendukung HDR.

DirectStorage akan menjadi bagian kunci kecepatan di Windows 11, fitur baru yang besar dari Xbox Series X / S. ini memungkinkan pemuatan game lebih cepat di Windows 11.

Mendukung kumpulan pustaka game, Xbox Game Pass juga diintegrasikan langsung ke dalam Windows 11. Ini juga termasuk xCloud yang terintegrasi ke dalam aplikasi Xbox ini, sehingga pengguna juga dapat melakukan streaming game langsung dari cloud Microsoft.

Windows Store

Microsoft Store Windows 11. Foto: thetechtack.com

Windows Store dirombak tampilannya, membuat lebih cepat dan mudah untuk menemukan aplikasi baru. Toko aplikasi ini juga menyediakan game dan film untuk diunduh.

Aplikasi Android

Android on Microsoft Store. Foto: meterpreter.org

Windows 11 menyediakan dukungan untuk aplikasi Android. Microsoft membuatnya terintegrasi ke dalam platform dan dapat digunakan bersama program Windows lainnya. Aplikasi Android dapat diunduh lewat Microsoft Store datu toko aplikasi Amazon.

 

Nah itu tadi sederet fitur keren dari Windows 11 terbaru, tertarik? Tunggu versi stabilnya ya, sebab seperti dikutip dari CNET, Windows 11 harus melalui serangkaian proses uji coba sebelum resmi dirilis ke publik. Tanggal 28 Juni ini, Windows 11 akan dirilis ke komunitas Windows Insider Dev Channel. Setelah itu, masuk ke fase Beta dan Release Preview.

Sumber: Microsoft.com, pikiran-rakyat.com, Detik, Liputan 6.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )