Alat Pendeteksi Gempa dan Tsunami Sudah Terpasang di Lombok Timur
Foto:Sekertaris Daerah Kabupaten Lombok Timur M. Jaini Taufik saat memperkenalkan alat Warning Receiver System (WRS) yaitu alat pendeteksi dini gempa bumi dan sunami

Alat Pendeteksi Gempa dan Tsunami Sudah Terpasang di Lombok Timur

Selong- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memasang alat Warning Receiver System (WRS) generasi terbaru untuk pendeteksi dini gempa dan tsunami di Kabupaten Lombok Timur.
Alat ini berfungsi untuk menyebarluaskan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami, selain itu untuk mempermudah kepala daerah mengambil tindakan dini saat gempa bumi terjadi, karena alat ini mampu memberikan informasi 3 menit setelah gempa bumi terjadi.
Sekertaris daerah kabupaten lombok timur M. Juani Taufik mengatakan sistim kerja alat ini yaitu peringatan dini gempa bumi dan tsunami melalui penyebaran informasi karena alat ini mampu terhubung dengan 20 nomer Hand Phone (HP).
Nomor HP yang dihubungkan dengan alat ini yaitu nomor HP pimpinan, serta camat yang wilayahnya rawan terjadi gempa bumi dan tsunami, sehingga dari informasi tersebut mereka bisa dengan cepat mengambil tindakan.
“Alat ini langsung tersambung dengan alat BMKG Provinsi, jadi jika kita istilahkan kantor BMKG ada diruangan Sekda, manfaatnya bagi kita yaitu mengetahui informasi gempa bumi dan sunami lebih cepat sehingga bisa dijadikan rujukan cepat untuk pengambilan tindakan atau keputusan” imbuhnya.(hel/ltm)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )