Angka Pengangguran NTB Turun

Angka Pengangguran NTB Turun

Mataram-Meski berada ditengah pandemi covid-19 dan masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang masih berlanjut hingga 20 September mendatang. Namun, Kepala Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Nusa Tenggara Barat (NTB) Gede Putu Ariyadi menyebutkan, data dari Badan Pusat Statistik NTB, angka pengangguran terbuka di NTB justru turun sebesar 0,25 %, bila dibandingkan dengan tahun 2020. Dimana, angka pengangguran terbuka pada tahun 2020 sebanyak 4,22 %. Sedangkan, pada tahun 2021 ini menjadi 3,97 %.
Menurut Gede, meskipun di NTB seperti halnya daerah lain yang masih dalam masa pandemi dan menerapkan PPKM, namun adanya sektor pertanian, perkebunan, dan industrialisasi terus menyerap pekerja. Dan, angka pengangguran tertinggi justru disumbang oleh lulusan perguruan tinggi. Selama masa pandemi, menurut Gede, UMKM justru semakin berkembang. Hal itu, tidak terlepas dari adanya pelaksanaan beberapa even balap kelas dunia dalam waktu dekat.
“Meskipun pandemi tapi ternyata sektor pertanian, perkebunan dan industri juga menyerap tenaga kerja. Yang mulai berkembang juga sekarang adalah ekonomi, terutama UMKM” ujar Gede.
Ditambahkan Gede, pada tahun 2021 ini juga terjadi peningkatan pekerja paruh waktu atau freelance sebesar 3 % jika dibanding dengan tahun sebelumnya.(ris/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )