Antisipasi Penyebaran PMK, Disnakeswan Lakukan Penyemprotan

Antisipasi Penyebaran PMK, Disnakeswan Lakukan Penyemprotan

Lobar – Guna mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku, Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB melakukan penyemprotan kandang sapi di Desa Kebun Ayu Kecamatan Gerung Lombok Barat.
Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB, Ahmad Nur Aulia mengatakan, penyemprotan tersebut dilakukan selain mengantisipasi penularan PMK semakin meluas juga sebagai upaya untuk menjamin stok hewan Qurban menjelang Hari Raya Idul Adha bebas dari PMK, dan dalam kondisi layak untuk di konsumsi.
“Kita ingin melihat kondisi lapangan bagaimana perkembangan penanganan PMK, dan tentunya sudah ada SOP yang diberikan dari pusat. Setiap tindakan itu harus terukur semua. Sebenarnya ini menjadi hal yang biasa saja kalau kita bisa melakukan terapi secara benar,” papar Aulia.
Sementara itu salah seorang peternak sapi di desa setempat mengatakan, sejak wabah PMK merebak, peternak sapi mengaku sebanyak 350 ekor sapi terjangkit penyakit mulut dan kuku atau PMK.
Untuk mengantisipasi penularan ataupun kematian ternak akibat PMK, para peternak sapi memberikan vitamin dan jamu.(sar/lbr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )