Antisipasi Penyebaran PMK, Disnakeswan NTB Bentuk Tim Gugus Khusus

Antisipasi Penyebaran PMK, Disnakeswan NTB Bentuk Tim Gugus Khusus

Mataram – Untuk mengantisipasi peyebaran wabah PMK semakin meluas di Pulau Lombok, Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB akan membentuk tim gugus khusus untuk penanganan penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak.
Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB, Achamd Nur Aulia mengatakan, para peternak diharapkan tidak panik dalam menyikapi wabah PMK, yang berdampak pada turunnya harga hewan ternak. Selain itu ia menegaskan wabah PMK yang menjangkiti hewan ternak dapat disembuhkan dengan cepat.
Kepala Bidang Kesehatan Hewan Disnakesmas NTB, Muslih mengatakan dari data kasus PMK di Pulau Lombok tercatat sebanyak 26.120 ekor ternak yang terjangkit wabah PMK, sembuh 11 402 ekor, dan mati sebanyak 12 ekor.
Dari 12 ekor tersebut kasus terbanyak ditemukan yakni banyaknya anak sapi yg mati diduga akibat terjangkit wabah PMK.
“Yang terjangkit saat ini kan hanya di Pulau Lombok, total populasi sapi saja itu ada 565.000 ekor, kerbau 32.000 itu, hewan yang sangat rentan itu,” ujar Musleh.
Ditambahkan muslih,Untuk penerimaan ternak bisa masuk ke NTB dengan catatan daerah tersebut harus terbebas dari wabah PMK.(sar/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )