Awasi perairan NTB, Patroli Gabungan digelar Ditpolair Polda NTB, Bea Cukai dan TNI AL

Awasi perairan NTB, Patroli Gabungan digelar Ditpolair Polda NTB, Bea Cukai dan TNI AL

Lombok Barat – Pada hari Jum’at 13 November 2020 bertempat di Lembar dan perairan sekitarnya pukul 08.00 WITA s.d. 10.30 Wita dilaksanakan rangkaian kegiatan patroli bersama yang diikuti Ditpolairud Polda NTB sebanyak 11 personil; Bea Cukai Mataram sebanyak 13 personil; serta dari pangkalan TNI AL Mataram 15 orang;

Dir Polairud Polda NTB, Kombes Pol Kobul Syahrin Ritonga S.I.K, M.Si., menyampaikan bahwa sebagaimana kita ketahui di wilayah Indonesia merupakan Dominan Perairan, dan wilayah perairan ini sangat penting untuk mendukung bagaimana kehidupan perekonomian sosial masyarakat, di daerah tersebut.

“Karena wilayah NTB ini cukup luas dan strategis, terdapat banyak wilayah perairan yang menghubungkan antar pulau, yang artinya wilayah ini menghubungkan perekonomian antar pulau tersebut. Ini merupakan tanggung jawab kita bersama untuk memberikan keamanan, menjaga ketertiban masyarakat dan menjamin kedaulatan daripada pulau-pulau tersebut. Sehingga mereka bisa aman nyaman dan tertib dalam melaksanakan kehidupan mereka masing-masing” ujar Ritonga

Kepala Kantor Bea Cukai Mataram, I Putu Alit Ari Sudarsono menyatakan bahwa apel kali ini sangat mempengaruhi sinergi kita sekarang dan selanjutnya, dan untuk informasi mulai tahun 2021 akan dilaksanakan perhelatan besar motoGP.

“Sinergitas sangat diperlukan dari semua pihak agar dapat berjalan dengan baik, sehingga harapannya dengan berjalan baiknya perhelatan moto gp ini akan mendongkrak perekonomian khususnya Lombok sebagai tuan rumah,” ujar Putu Alit

Palaksa Lanal Mataram, Mayor Laut (KH) Awang Setyadi B, S.H., menyatakan TNI AL sangat mendukung penuh gelaran patroli bersama ini.

“Seperti yang kita ketahui banyak stakeholder yang memiliki kepentingan untuk pengamanan di laut, maka patrol gabungan ini bertujuan salah satunya untuk mensinergikan stakeholder yang terkait dalam penanganan tindak pidana di Laut, mohon dipatuhi SOP dalam patrolinya dan utamakan faktor keselamatan,” kata Wirawan.

Dalam Patroli Bersama kali ini menyasar daerah perairan seputaran Pulau Lombok utamanya di titik-titik rawan masuknya barang illegal dan berbahaya.

Patroli Laut kali ini juga dilaksanakan dalam rangka menandai perjanjian kerja sama antara Bea Cukai dengan Baharkam Polri tentang peningkatan sinergisitas tugas operasional dan sumber daya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi.

Pada perjanjian tersebut telah disepakati untuk bersama-sama menyatukan sumber daya, melakukan upaya secara bersama-sama, serta saling bertukar informasi dalam melaksanakan tugas fungsi kepabeanan dan kepolisian.

Dengan adanya gelaran patroli bersama ini, diharapkan akan terus meningkatkan sinergitas dan kerja sama antar instansi guna menegakkan hukum dan melindungi masyarakat

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )