Balai Besar POM Mataram Usulkan Standarisasi Garam Kosmetik

Balai Besar POM Mataram Usulkan Standarisasi Garam Kosmetik

Mataram – Untuk melindungi masyarakat dari hal-hal yang dapat merugikan kesehatan maka perlu dicegah produksi dan beredarnya kosmetik yang tidak memenuhi persyaratan mutu dan keamanan, Balai Besar POM di Mataram terus melakukan berbagai berbagai upaya. Termasuk dalam hal standarisasi bahan pembuatan kosmetik. Salah satu bahan yang digunakan dalam produksi kosmetik adalah garam.
Kepala Balai POM Mataram, I Gusti Ayu Adhi Aryapatni, meminta untuk dilakukan standardisasi terhadap hasil produksi garam yang dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik di Nusa Tenggara Barat. Selain itu, Badan POM juga mengusulkan adanya suplier bahan kimia untuk minyak esensial, yang merupakan unsur pokok dalam produksi garam kosmetik.
“Badan POM mengusulkan dilakukannya standardisasi garam untuk garam kosmetik di NTB dan penyediaan/supplier bahan kimia essential oils, sehingga produk kosmetik NTB memiliki harga yang lebih kompetitif di pasar lokal dan global,” ujar Gusti saat jumpa pers di Kantor Balai Besar POM Mataram, Senin, (21/3/2022).
Balai Besar POM Mataram telah menyerahkan 3 (tiga) nomor notifikasi garam kosmetik dari 2 (dua) pelaku usaha garam kosmetik NTB yaitu CV. Karya Iwin Insani Lombok Barat dan Puspa Nature Sumbawa. Dengan demikian, hingga menjelang perhelatan internasional MotoGP 2022 kemarin, Badan POM telah menerbitkan 146 nomor notifikasi kosmetik dari 6 (enam) pelaku usaha kosmetik NTB, yang sebelumnya mendapatkan pendampingan intensif.
Dengan sumber daya garam yang melimpah di NTB, diharapkan kesuksesan dan pengalaman
produsen garam kosmetik di Cirebon dapat menginspirasi UMK garam NTB untuk dapat
naik kelas menjadi UMK garam kosmetik, sehingga pemanfaatannya lebih optimal dan
dapat mengangkat perekonomian masyarakat petani dan pelaku usaha garam.(ar/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )