Banyak Pensiun, Pemkot Mataram Kekurangan PNS

Banyak Pensiun, Pemkot Mataram Kekurangan PNS

Mataram – Pemerintah Kota Mataram mengklaim, rekrutmen CPNS yang selama ini digelar, masih belum mampu menutupi kekurangan pegawai.
Sampai saat ini, pemerintah Kota Mataram kekurangan sebanyak 750 Pegawai Negeri Sipil. Kekurangan tersebut disebabkan, banyaknya PNS yang memasuki usia pensiun.
Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Mataram, Baiq Nelly Kusumawati. Dijelaskannya, sampai saat ini jumlah ASN berstatus Pegawai Negeri Sipil di Kota Mataram sebanyak 5.250 orang. Sementara, jumlah ideal yakni sekitar 6.000 orang.
Nelly menyebutkan, selain banyaknya PNS yang masuk pada usia pensiun, kuota yang diberikan saat dilakukannya rekrutmen terbilang sangat sedikit jauh dari jumlah yang dibutuhkan.
Kekurangan jumlah PNS ini telah terjadi sejak diberlakukannya moratorium atau penghentian sementara rekrutmen CPNS. Dan kekurangan tersebut, nampaknya masih belum bisa tertutupi, mengingat pada tahun ini pemerintah kembali meniadakan rekrutmen CPNS.
Pada tahun 2022 ini, pemerintah hanya membuka seleksi penerimaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja, yang dikhususkan untuk formasi tenaga kesehatan.
Lebih jauh Nelly menyampaikan, sebagai solusi untuk menutupi persoalan kekurangan jumlah PNS tersebut, SKPD-SKPD di Lingkup Pemerintah Kota Mataram, diperbolehkan melakukan rekrutan tenaga penunjang kegiatan yang sebelumnya lebih dikenal dengan istilah pegawai tidak tetap atau honorer.
“Sejak dilakukannya moratorium, kita memang sudah kekurangan PNS, selain itu banyaknya pegawai yang sudah memasuki usia pensiun menjadi salah satu penyebab kekurangan pegawai kita di sini,” terang Nelly.
Nelly menambahkan, persoalan kekurangan jumlah Pegawai Negeri Sipil, sedikit tertutupi oleh keluarnya kebijakan pemerintah tentang penyederhanaan birokrasi dengan mengalihkan status pejabat eselon 4 menjadi pejabat fungsional.
Dengan kondisi tersebut, tugas pokok dan fungsi yang ditinggalkan oleh pejabat eselon 4 akan bisa langsung di tangani oleh para pejabat eselon 3.
Meskipun demikian, Nelly berharap agar pada rekrutmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja tahun 2022 ini, tidak hanya dikhususkan untuk rekrtumen tenaga kesehatan, namun juga untuk tenaga-tenaga tehnis yang keberadaannya masih sangat dibutuhkan untuk menunjang kegiatan birokrasi.(irh/mtr)
CPNS Kota Mataram

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )