Bawaslu Gandeng Media Untuk Penguatan Literasi Pengawasan Pemilu

Bawaslu Gandeng Media Untuk Penguatan Literasi Pengawasan Pemilu

Mataram – Badan Pengawas Pemilu Kota Mataram menyatakan kesiapannya untuk menangani berbagai potensi pelanggaran Pemilu 2024.
Ketua Bawaslu Kota Mataram, Muhammad Yusril mengatakan, tahapan pemilu 2024 memiliki kompleksifitas permasalahan yang jauh lebih besar dibanding pemilu sebelumnya, karena sejumlah tahapan pemilu legislatif yang beririsan atau bersamaan dengan tahapan pilkada.
Beberapa tantangan yang dihadapi dalam menyongsong pemilu 2024, seperti maraknya ujaran kebencian dan hoaks, hingga kecenderungan polarisasi yang berpotensi memecah belah masyarakat seperti yang terjadi pada pemilu presiden 2019 lalu.
Dengan semakin kompleksnya permasalahan itu, Bawaslu telah mengambil sikap untuk mengedepankan upaya pencegahan dengan melakukan penguatan literasi pengawasan.
Bawaslu akan melakukan upaya penguatan literasi pengawasan dengan memperkuat kerjasama dengan berbagai pihak termasuk media massa.
“Baik itu secara formal maupun informal, kita akan sering-sering bertemu dengan media untuk menyatukan persepsi, ini lho Pemilu 2024, kita sama-sama berkolaborasi untuk suksesnya Pemilu 2024. Pemilu 2024 ini kan pemilihan kompleks karena beberapa tahapan yang langsung beririsan dengan Pilkada,” papar Yusril.
Komisi pemilihan umum sendiri telah membuka tahapan pemilihan umum atau pemilu 2024 sejak Juni 2022 lalu.
Terdapat 11 tahapan pemilu yang telah ditetapkan, dan diatur dalam peraturan Komisi Pemilihan Umum nomor 3 tahun 2022.
Saat ini, tahapan pemilu 2024 tengah memasuki tahapan verifikasi perbaikan berkas syarat pendaftaran partai politik calon peserta pemilu 2024.(irh/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )