Bayar Zakat di Baznas Dapat Mengurangi Beban Pajak

Bayar Zakat di Baznas Dapat Mengurangi Beban Pajak

Lotim – Pembayaran Zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Ternyata Bisa mengurangi Beban Pembayaran Pajak Badan Usaha ataupun Perorangan. Hal itu diatur dalam Undang Undang No 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan Zakat yaitu Zakat yang dibayarkan oleh muzaki kepada BAZNAS atau LAZ dikurangkan dari penghasilan kena pajak. Informasi ini, ternyata masih banyak belum diketahui masyarakat, pelaku usaha maupun badan usaha.
Hal itu diakui oleh Ketua Pelaksana Baznas Lombok Timur, Abdul Hayyi Zakaria. Menurutnya, masih banyak para mustahik uatamanya para pengusaha atau badan usaha belum mengetahui informasi tersebut sehingga enggan menyalurkan zakat.
Dijelaskan Hayyi, pengurangan pajak SPT tahunan yang didapatkan mustahik di atur dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat pada pasal 22 dan Pasal 23 ayat 1-2, yaitu Zakat yang dibayarkan oleh muzaki kepada BAZNAS atau LAZ dikurangkan dari penghasilan kena pajak.
Baznas atau LAZ wajib memberikan bukti setoran zakat kepada setiap muzaki (pemberi zakat), dan bukti tersebut digunakan sebagai pengurang penghasilan kena pajak.
“Sesungguhnya membayar zakat di Baznas bisa mengurangi harta kena pajak, tinggal bukti setoran di Baznas itu ditunjukkan kepada perpajakan,” ujarnya.
Ditambahkan Hayyi, tujuan aturan ini agar wajib pajak yang beragama Islam tidak terkena beban ganda. Selain itu, aturan ini juga mendorong kepedulian terhadap sesama serta meningkatkan taat beragama.(rhl/ltm)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )