Begibung Dulang, Tradisi Warga Desa Borok Toyang Syukuran Hasil Panen

Begibung Dulang, Tradisi Warga Desa Borok Toyang Syukuran Hasil Panen

Lombok Timur – Sebagai wujud rasa syukur serta tradisi memuliakan tamu, warga Desa Borok Toyang Kecamatan Sakra Barat menggelar acara pawai dulang.
Tradisi Begibung Dulang, kini perlahan mulai luntur karena digantikan oleh katering.
Untuk menjaga tradisi tersebut, warga Desa Borok Toyang Kecamatan Sakra Barat menggelar acara pawai dulang.
Pawai dulang digelar dari madrasah Yayasan Pondok Pesantren Darul Furqon NW menuju Kantor Desa Borok Toyang.
Jalan raya menuju kantor desa ini pun terlihat merah oleh tembolaq atau tutup saji yang digunakan menutupi dulang tempat sajian makanan yang dibawa warga. Turut mengantar kegiatan pawai dulang, sebuah atraksi gendang beleq yang dimainkan murid Sekolah Dasar yang ada di Desa Borok Toyang.
Kepala Desa Borok Toyang, Ahyar Rosyidi mengatakan kegiatan pawai dulang ini merupakan bagian dari tradisi masyarakat untuk menggelar syukuran atas karunia sang pencipta.
Desa Borok Toyang yang 95 persen bekerja menjadi petani ini, mencoba juga mempertahankan tradisi begibung.
Begibung adalah tradisi makan bersama dengan seluruh masyarakat desa dan tokoh-tokoh masyarakat desa. Acara dipusatkan di Kantor Desa. Begibung ini merupakan tradisi warga suku adat sasak yang selama ini mulai luntur. Tradisi ini coba dipertahankan oleh warga desa sebagai ajang silaturahmi juga dengan elemen warga lainnya.
“Merupakan wujud rasa syukur masyarakat atas hasil pertanian, dan hasil pertanian itu disuguhkan untuk tamu-tamu penting dari luar desa,” papar Ahyar.
Sejauh ini, kegiatan begibung ini rutin digelar setiap tahunnya. Harapannya, tradisi ini ke depan bisa terus digelar membangun kekompakan dan kebersamaan antar sesama warga. Seluruh warga yang terlibat, tanpa paksaan. Semua datang membawa dulang dengan penuh sukarela.
Seperti yang dilakukan kemarin, dulang-dulang yang berisi sajian menu makanan ini diperuntukkan untuk tamu-tamu desa yang datang dari Jakarta. Bertepatan juga dengan momentum usai panen raya, kegiatan syukuran bersama ini dapat dinikmati bersama dengan tamu-tamu jauh Desa Borok Toyang. (rhl/ltm)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )