Berikan Ketenangan dan Kekhusyukan Ibadah Puasa, Balai Besar POM  Intensifikan Pengawasan Pangan

Berikan Ketenangan dan Kekhusyukan Ibadah Puasa, Balai Besar POM Intensifikan Pengawasan Pangan

Mataram – Guna menjaga ketenangan dan kekhusukan masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa Balai Besar POM di Mataram, mengintensifikan pengawasan pangan secara langsung maupun melalui berbagai sarana yang ada, seperti media elektronik, cetak, dan media sosial. Sementara kegiatan intensifikasi pengawasan secara langsung Balai Besar POM di Mataram turun langsung ke lapangan bersama pihak terkait lainnya.
“Untuk lebih meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap potensi bahaya pada produk pangan TMS, BBPOM di Mataram mengintensifkan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi Keamanan pangan, baik secara langsung kepada masyarakat, maupun melalui media elektronik, media cetak, dan media sosial,” demikian disampaikan kepala Balai Besar POM Mataram, Dra. I.Gusti Ayu Adhi Aryapatni, Apt, dalam rilis yang diterbitkan, Kamis. (7/4/2022)
Sebagai konsumen, khususnya selama bulan Ramadhan masyarakat juga harus memiliki kesadaran untuk memilih produk pangan yang aman, dan selalu ingat Cek KLIK.
“Masyarakat, harus memiliki kesadaran dan diharapkan untuk selalu melakukan Cek KLIK, yaitu cek Kemasan, cek Label, cek Izin Edar, dan cek Kedaluwarsa, saat akan membeli atau mengonsumsi produk pangan olahan dalam kemasan,” harap Gusti Ayu.
Sementara, para pelaku usaha, khususnya distributor pangan dihimbau agar lebih memperhatikan keamanan produk yang dijual dan mematuhi peraturan yang berlaku, sehingga masyarakat mendapatkan produk yang aman dan bermutu.
Dari hasil sampling dan uji Pangan Berbuka Puasa/Takjil yang dilakukan, selanjutnya akan disampaikan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota untuk pembinaan lebih lanjut. Dan, Balai Besar POM terus berkoordinasi dengan lintas sektor dalam melakukan pendampingan terhadap pelaku usaha pangan agar dapat menghasilkan produk yang aman, bermutu dan berdaya saing.
Balai Besar POM di Mataram bersama Dinas Kesehatan Kota Mataram, Dinas Perdagangan Prov/Kab/Kota, serta TP PKK Provinsi NTB melakukan kegiatan intensifikasi pengawasan pangan dengan target Pangan Olahan Tanpa Ijin Edar, Kadaluarsa dan Rusak. Selain itu, tim juga menargetkan pengawasan pada pangan berbuka puasa/takjil yang marak dijual selama bulan puasa. Pengawasan yang dilakukan Balai Besar POM merupakan upaya melindungi masyarakat dari peredaran pangan olahan yang Tidak Memenuhi Ketentuan (TMK), khususnya selama bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Intensifikasi pengawasan pangan secara nasional dilaksanakan dalam 6 (enam) tahap, mulai pada 28 Maret 2022 sampai dengan 6 Mei 2022, mencakup Kabupaten/Kota di Pulau Lombok dan Sumbawa dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan. (rif/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )