Bhabinkantibmas Modif Motor Untuk Semprot Cairan Disinfektan
Foto;Bhabinkantibmas Desa Lembar Bripka Wawan Purwanto Sedang Melakukan Penyemprotan Bersama Anggota TNI (rizka/lomboktvnews.com)

Bhabinkantibmas Modif Motor Untuk Semprot Cairan Disinfektan

Lombok Barat- Berbagai cara dan upaya terus dilakukan ditengah-tengah pandemi covid-19, Untuk memerangi virus tersebut, sehingga angka penyebarannya dapat terus ditekan. Mulai dari membagikan masker secara gratis, Hingga melaksanakan penyemprotan disinfektan di berbagai wilayah hingga ke pemukiman warga.

Namun sayang, hal tersebut nampaknya tidak dapat dilaksanak secara menyeluruh, terutama ke daerah-daerah dengan jalur yang sempit, seperti halnya di daerah Lembar, Kabupaten Lombok Barat. Di daerah yang merupakan salah satu gerbang masuk ke  Provinsi NTB tersebut memiliki gang-gang yang sempit, Sehingga menyulitkan bagi kendaraan penyemprot disinfektan yang pada umumnya memiliki badan kendaraan yang besar, Hal ini menyebabkan daerah-daerah di Desa Lembar tidak dapat dijangkau oleh kendaraan penyemprot disinfektan.
Berangkat dari hal tersebut, Jajaran Polsek Lembar dan Polres Lombok Barat, melakukan inovasi agar penyemproyan dapat dilaksanakan secara menyeluruh hingga ke dalam gang gang sempit.
Seorang Bhabinkantibmas Bripka Wawan Purwanto memodifikasi kendaraan dinas miliknya yang biasa digunakan untuk melakukan patroli keamanan menjadi motor penyemprot disinfektan. Ia bersama dengan Anggota TNI serta perangkat Desa berkeliling ke tiap sudut Desa Lembar untuk melaksanakan penyemprotan disinfektan setiap harinya secara bergantian. Ia mengaku ide memodifikasi motor dinasnya itu datang, setelah melihat minimnya alat penyemprotan yang masuk ke gang-gang di wilayah binaannya.

“Awalnya saya terinspirasi setelah melihat penyemprotan disinfektan tidak dapat menjangkau pemukiman warga, Apalagi wilayah binaan (Lembar) saya ini kan punya gang-gang sempit, Susah dilalui kendaraan penyemprot disinfektan biasanya. Untungnya pimpinan juga mendukung baik secara moril maupun materil, Semoga saja dengan upaya ini wilayah binaan saya terutama, bebas dari covid-19.” Ujarnya.

Ia memodifikasi motor dinas miliknya itu, dengan mengubah box motor yang biasanya berisi alat patroli menjadi tempat meletakkan jerigen berisi cairan disinfektan, Ia juga menambahkan dua buah aki kecil yang berguna untuk mendorong cairan disinfektan yang telah disambungkan dengan dua buah selang. Dua buah selang itu, kemudian disambungkannya dengan alat penyemprot, yang biasanya digunakan untuk mencuci mobil, tapi telah beralih fungsi menjadi alat penyemprot disinfektan.

Melihat kreativitas dan kesungguhan Bripka Wawan dalam menanggulangi virus corona, tentu menjadi perhatian warga, Seperti halnya Sri Hartini, ia bersyukur dengan kegiatan penyemprotan tersebut, dan berharap dapat terus dilakukan sehingga desanya terhindar dari wabah virus corona.
“Kami warga tentu sangat bersyukur dan berterimakasih atas perhatian pihak kepolisian, TNI serta perangkat desa yang melakukan penyemprotan. Saya juga berharap, desa kami terhindar dari virus corona. Dan kegiatan penyemprotan disinfektan ini bisa terus berlanjut tidak hanya di tempat kami, tapi ke semua daerah yang belum terjangkau kendaraan penyemprot besar lainnya.” Ucapnya. (rzka/lbr)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )