BLT DD Desa Taman Ayu Dibagi Rata, Warga Klaim  Atas Kesepakatan Bersama
Puluhan warga berkumpul di Mushala Kantor Desa Taman Ayu mengklarifikasi Pola Pemerataan penyaluran BLT DD ( Hamdi/ Lomboktvnews.com)

BLT DD Desa Taman Ayu Dibagi Rata, Warga Klaim  Atas Kesepakatan Bersama

 

Lombok Barat- Polemik penyaluran dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ( BLT DD) Desa Taman Ayu Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat terus berlanjut.  Hari ini, Jum’at (29/5/2020) puluhan warga setempat kembali mendatangi Kantor Desa Taman Ayu.

Namun, jika sebelumnya warga datang untuk memprotes pemotongan dana BLT DD hingga 50 persen, kali ini warga mendatangi Kantor Desa setempat untuk mengklarifikasi sekaligus memberikan dukungan atas langkah Aparat Dusun mereka yang meminta mereka menyerahkan separuh nilai bantuan guna diberikan kepada warga terdampak Covid-19 lainnya yang tidak masuk data sasaran penerima manfaat BLT DD.

Jalinah, salah satu warga yang hadir di Kantor Desa Taman Ayu Menerangkan, melalui hasil musyawarah bersama Kepala Dusun , Tokoh Masyarakat serta warga yang terdata sebagai penerima bantuan, pihaknya bersepakat Dana Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa yang mereka terima, dibagi rata dengan masyarakat terdampak Covid-19 yang tidak masuk data sebagai penerima bantuan.

“Saya iklas memberikan separuh dana bantuan yang ia terima supaya bantuan itu bisa diterima secara merata, sekalipun hak bantuan yang seharusnya mereka terima 600 ribu tapi kami tidak masalah menerima separuh dan sisanya diberikan kepada warga lain, karena semua masyarakat  kita juga terdampak covid-19,” Ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan warga lainnya, H Wildan. Ia mengaku sepakat dengan pola penyaluran BLT DD di dusunya yang dibagi secara merata. Sebab, bukan hanya dirinya maupun warga yang masuk dalam data penerima bantuan saja yang terdampak pandemic Covid-19 namun juga warga lainnya.

“Sebaiknya begitu pak, dengan pola ini kita bisa sama-sama menikmati karena pandemi ini semua terdampak,sedangkan jika mengacu pada SOP penyaluran yang dikeluarkan Pemerintah jelas tidak bisa merata,” Kata  H Wildan.

Kepala Desa Taman Ayu Tajudin saat di konfirmasi mengatakan, dalam menyalurkan dana Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari Dana Desa pihaknya tetap mengacu pada Juklak Juknis yang dikeluarkan oleh pemerintah.dimana, setiap warga yang masuk data sasaran penerima manfaat program masing-masing mendapatkan jatah 600 ribu rupiah.

Adapun setelah penyaluran yang telah mereka lakukan, dana bantuan itu dibagi dengan pola pemerataan maka hal itu mereka serahkan sepenuhnya kepada kepala dusun.

“Tujuan dari bantuan ini bagaimana masyarakt kita yang terkena ini bisa menerima,mekamisme nya kami serahkan ke dusun,jika ada yang mau mempertimbangkan silahkan di pertimbangkan,” kata tajudin

Sebelumnya, sejumlah perwakilan warga Desa Taman Ayu yang terdata sebagai sasaran penerima manfaat program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa melayangkan protes kepemerintah Desa Setempat. Mereka tidak terima BLT DD yang seharusnya mereka terima senilai 600 ribu rupiah disunat oleh oknum aparat dusun hingga 50 persen, dengan dalih kesepakatan bersama dan akan diberikan kepada warga lainnya yang tidak masuk daftar penerima bantuan.( HMD/Lobar)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )