Bupati Loteng Keluarkan Edaran Dzikir dan Sholawat Wirid Lawan Covid-19

Bupati Loteng Keluarkan Edaran Dzikir dan Sholawat Wirid Lawan Covid-19

Loteng-Berbagai upaya dilakukan pemerintah dalam upaya penanganan pandemi covid-19, seperti penerapan PPKM dalam beberapa jenis.
Selain menjalankan PPKM, pemerintah kabupaten Lombok Tengah mencoba upaya pendekatan agama dalam menangkal penyebaran virus corona. Bupati Lombok Tengah, H. Lalu Pathul Bahri mengeluarkan Surat Edaran berisi himbauan dzikir dan sholawat wirid untuk semua masyarakat muslim di Lombok Tengah.
Surat edaran tersebut, dikeluarkan bupati sebagai upaya menolak penyebaran virus corona dengan cara meminta pertolongan Allah SWT agar bala atau wabah corona segera berlalu.
Menurut Bupati, bala atau wabah tersebut telah dijelaskan dalam kitab suci Al-qur’an, sehinga perlu upaya bersama untuk meminta pertolongan kepada Allah SWT, dengan menghimbau masyarakat untuk membaca dzikir dan sholawat wirid.
Beberapa upaya lain yang telah dilakukan pemerintah untuk mengatasi penyebaran Covid-19, kata Mamiq Hul sapaan akrab bupati Lombok Tengah ini, diantaranya sosialisasi hingga ke desa maupun percepatan vaksinasi. Namun, diakuinya kasus Covid-19 masih banyak, bahkan terus bertambah. Oleh karena itu, masyarakat muslim Lombok Tengah dihimbau mengaktifkan kegiatan dzikir dan sholawat wirid di masjid dan musholla dengan niat mengusir atau terhindar dari virus atau bala.
“Namanya bala itu ada dijelaskan dalam agama kita, dalam Al-Qur’an. Sehingga, saya keluarkan Surat Edaran agar setiap masjid dan musholla membaca sholawat wirid dan dzikir,”kata Pathul.
Bupati juga mengharapkan kajian-kajian yang diadakan oleh para Tuan Guru dan Ulama, sekolah atau madrasah juga hendaknya melaksanakan pembacaan dzikir dan sholawat wirid. Namun demikian, dalam kegiatan tersebut masyarakat diharapkan tetap mengikuti protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah.
“Dalam kajian-kajian yang diadakan tuan guru dan ulama harus dibuka dan diakhiri dengan sholawat wirid. Begitu pula dengan sekolah atau madrasah sebelum memulai kegiatan belajar mengajar agar para guru mengajak siswa untuk sholawat wirid,” tutup bupati. (ddy/ltg)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )