Bupati Sukiman Azmi Klarifikasi Surat Edaran Kemenag Lotim
Foto: Bupati Lombok Timur Sukiman Azmi (ruhaili/lomboktvnews.com)

Bupati Sukiman Azmi Klarifikasi Surat Edaran Kemenag Lotim

Selong-Bupati Lombok Timur Sukiman Azmi klarifikasi surat edaran Kementrian Agama Selong, No. 77/Kk.18.03/1/Kp.01/05/2020 terkait rencana uji coba pembukaan Masjid Kabupaten, Masjid Kecamatan dan Masjid Desa yang akan dilaksanakan tanggal 22 Mei 2020.

Dalam klarifikasinya orang nomer satu di Gumi Selaparang ini tegaskan bahwa yang dimaksud itu adalah rapid test berbasis masjid bukan uji coba pembukaan masjid seperti yang dimaksud dalam surat edaran Kemenag tersebut.

Menurutnya, substansi surat edaran tersebut tidak merinci pokok persoalan yang seolah menyatakan bahwa masjid bebas buka dan melakukan aktifitas peribadatan.

Rapid test berbasis masjid yang dimaksud yaitu melakukan screaning terhadap warga yang akan menggunakan masjid, Jika hasilnya tidak ada reaktif maka masjid tersebut bisa digunakan untuk beribadah. Itupun tidak semua masjid akan dilakukan rapid tapi sudah ditentukan sampelnya yaitu masjid Kabupaten Masjid Agung Al-Mujahidin Selong, 21 Masjid kecamatan dan 254 masjid desa.
“kami meluruskan bahwa yang dimaksud itu adalah rapid tes berbasis masjid, bukan uji coba membuka masjid” tegasnya.

Seperti diketahui Pemerintah Kabupaten Lombok Timur mempersiapkan empat tahapan antisipasi penularan virus covid-19 jelang pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri. Tahapan pertama melakukan screaning terhadap warga yang memasuki wilayah Lombok Timur dengan menggelar oprasi perbatasan. Tahapan kedua yaitu pembatasan jam oprasional pertokoan sampai dengan pukul 18.00. Tahapan ketiga yaitu melakukan rapid test masal berbasis pasar dengan sampel 10 pasar tradisional. Kemudian tahapan terahir berbasis masjid dengan sampel masjid Kabupaten Masjid Al-Mujahid selong, 21 masjid kecamatan dan 254 masjid desa.
Jika hasil rapid test dari ke empat tahapan tersebut tidak ada yang reaktif maka masjid bisa dibuka dan bisa digunakan untuk Hari Raya Idul Fitri”. pungkasnya.(hel/ltm)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (5)
  • comment-avatar
    Ahmad Rifai 5 bulan

    Utk warga negara yg baik harus mematuhi aturan2 yg telah di keluarkan Pemerintah, Pemerintah udah memikirkan semua sebab akibat yg akan timbul jika tidak menaati aturan yg telah di terbitkan Pemerintah sayang sama kita selaku warganya oleh karena bagi semua warga negara yg baik mari kita lawan virus ini bersama2 agar kita bisa beraktifitas spti biasa jika semua kita udah Ikhiar Insyaalloh Alloh Merudhoi aaamiiin slm

  • comment-avatar
    cobacobajepret@gmail.com 5 bulan

    Apolo sama SB juga lah

  • comment-avatar
    Supriadi 5 bulan

    Assallamualaikum wr.wb
    Sebagai masyarakat biasa sy sangat menyayangkan sikap pemerintah yg hanya tegas untuk pentupan masjid tapi penutupan tempat2 perbelanjaan yg selalu ramai dikunjungi dr berbagai lapisan masyarakat kenapa tidak di tutup juga..klo melihat dari protokol keamanan tempat perbelanjaan sangat tidak ada hanya seledar tempat cuci tangan saja kenapa pemerintah tdkenyikapi itu.trmksih

  • comment-avatar

    Dalam suasana yang belum stabil seperti saat ini, kita selaku masyarakat jangan terburu-buru mengambil sikap. Mari kita tunggu arahan Pemda. Pemerintah mencintai rakyatnya.

  • comment-avatar
    Sahni 5 bulan

    Nah ni baru jelas las…bkn mmbigungkan kan kan

  • Disqus ( )