Cegah DBD, Pemdes Meninting Lakukan Fogging

Cegah DBD, Pemdes Meninting Lakukan Fogging

Lobar- Seiring kian tingginya intensitas hujan yang turun akhir-akhir ini langkah antisipasi dalam menekan merebaknya kasus demam berdarah mulai dilakukan Pemerintah Desa Meninting. Sebagai upaya pencegahan penyebaran nyamuk aedes agepty, atau nyamuk pembawa penyakit demam berdarah, pemerintah Desa Meninting, melakukan pengasapan (Fogging) keliling ke rumah-rumah warga.
Pemerintah desa meninting memilih melakukan kegiatan fogging secara mandiri, agar cakupan dari kegiatan layanan fogging, bisa lebih luas menjangkau seluruh wilayah yang ada di Desa Meninting. Pengasapan dilakukan dengan menggunakan cairan insektisida yang dicampur dengan solar tersebut, menyasar ke rumah-rumah warga dan pekarangan yang dimungkinkan menjadi sarang nyamuk.
Kepala Desa Meninting, H Iskandar Zulkarnain mengatakan, kegiatan fogging lakukan secara mandiri menggunakan mesin dan cairan insektisida milik pemerintah desa yang pengadaannya menggunakan dana desa. Ia menjelaskan, keputusan pihaknya memasukkan program fogging dalam program pemerintah Desa Meninting, tidak terlepas dari rentannya kasus demam berdarah di wilayahnya. Dan, dengan adanya program fogging secara mandiri, cakupan dari kegiatan pengasapan bisa lebih luas menjangkau seluruh wilayah di desanya. Dengan adanya program fogging di Desa Meninting, maka kegiatan fogging bisa dilakukan sewaktu-waktu, tanpa menunggu layanan fogging yang dilakukan Dinas Kesehatan yang dilakukan setelah ada kasus warga yang terjangkit demam berdarah.
Dijelaskan Iskandar, sampai saat ini, pihaknya memang belum menerima laporan, terkait adanya warganya yang terjangkit demam berdarah. Namun, langkah antisipasi mencegah penyebaran kasus demam berdarah, tetap diupayakan. Bahkan, sebelum melakukan fogging langkah lain yang dilakukan, dalam mengantisipasi penyebaran kasus demam berdarah adalah dengan malakukan kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan.(irh/lbr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )