Cuaca Ekstrem di Wilayah Lombok Barat: Nelayan dan Pelaku Pariwisata Menangis.

Cuaca Ekstrem di Wilayah Lombok Barat: Nelayan dan Pelaku Pariwisata Menangis.

Lomboktvnews.com (Lombok Barat) – Cuaca ekstrem dengan gelombang tinggi dan angin kencang masih terus melanda perairan di wilayah Kabupaten Lombok Barat. Para nelayan di Dusun Batu Kijuk, Desa Sekotong, Lombok Barat, terpaksa memilih untuk tidak melaut akibat kondisi alam yang tidak bersahabat.
Salah seorang nelayan, Sahnil, mengungkapkan bahwa sudah hampir satu minggu ini mereka tidak dapat melaut karena ombak yang mengamuk dan angin besar yang menerjang pantai di wilayah Sekotong. Banyak perahu nelayan mengalami kerusakan, dan bagan penangkap ikan keramba juga banyak yang hanyut dan rusak.
“Situasi cuaca ini membuat para nelayan putus asa. Sampan dan bagan mereka mengalami kerusakan parah,” ujar Sahnil sambil menunjuk ke sampan yang terombang-ambing di tepi pantai.
“Kami tidak bisa melaut selama hampir seminggu ini. Ditambah lagi, harga beras yang mahal membuat kondisi semakin sulit,” tambahnya.
Sahnil menegaskan, dampak dari cuaca ekstrem ini melumpuhkan aktivitas nelayan di lima desa yang ada di wilayah sekotong, Kabupaten Lombok Barat.
“Ribuan nelayan dan ratusan pelaku wisata bahari menangis akibat cuaca extrem yang melanda skotong,” Tegasnya
Untuk bertahan memenuhi kebutuhan para nelayan hanya dapat sesekali mencari ikan-ikan kecil di pinggiran. Namun, ini bukanlah solusi yang berkelanjutan.

Dalam menghadapi situasi ini, Sahnil dan para nelayan lainnya berharap ada perhatian dari pemerintah. “Kami tidak bisa bekerja mencari ikan karena cuaca ekstrem, sehingga pendapatan hilang,” ungkapnya.
“Sebagai orang yang tinggal di kawasan pantai, kami sangat prihatin dengan kondisi masyarakat saat ini. Terlebih lagi, menjelang bulan Ramadhan, mereka harus menghadapi harga-harga bahan kebutuhan pokok yang semakin mahal. Belum lagi banyak perahu sampan dan bagan yang rusak,” lanjut Sahnil.
Sayangnya, hingga saat ini, Sahnil dan rekan-rekannya belum mendapatkan bantuan dari pemerintah daerah. Situasi ini semakin memperparah kesulitan para nelayan di wilayah Lombok Barat yang tidak dapat bekerja mencari ikan.(Ham)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )