Cuaca Ekstrim, Puluhan Rumah Rusak Disapu Angin Puting Beliung

Cuaca Ekstrim, Puluhan Rumah Rusak Disapu Angin Puting Beliung

Selong– Cuaca ekstrim berupa angin puting beliung disertai hujan butiran es menghantam dua kecamatan di Kabupaten Lombok Timur yaitu kecamatan Sikur dan Montong Gading, Minggu, 22/11/ 2020.
Bencana angin puting beliung tersebut terjadi sekitar pukul 14.00 wita, saat hujan deras disertai butiran es melanda wilayah tersebut.
Beruntung tidak ada korban jiwa dalam bencana alam ini, namun menyebabkan 31 unit rumah rusak, dengan rincian 12 unit rusak berat, 15 unit rusak ringan dan 3 unit rusak sedang. 13 unit rumah rusak di Kecamatan Sikur dan 18 unit rumah di kecamatan Montong Gading.
Selain menyebabkan kerusakan rumah, angin puting beliung ini juga menumbangkan pohon dibeberapa titik sehingga menghalangi jalan.
Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Lombok Timur, Iwan Setiawan mengatakan dampak bencana alam ini menyebabkan sebanyak 126 jiwa warga diungsikan sementara ke tenda-tenda darurat.
“Kita telah membangun tenda darurat dan membagikan tenda keluarga untuk tempat istirahat sementara para korban, selain itu bantuan logistik berupa makanan instans, pakain dan selimut juga telah disalurkan” Ungkapnya.
Dijelasakan Iwan, penyebab terjadinya cuaca ekstrim tersebut disebabkan oleh badai Lanina yang melewati wilayah Nusa Tenggara Barat. Diperkirakan badai ini akan terjadi selama musim penghujan yaitu sampai bulan April 2021 mendatang. Wilayah yang berpotensi dilewati badai ini adalah wilayah utara yaitu kecamatan Sembalun dan Sambelia.
“Dihimbau kepada seluruh masyarakat khususnya di wilayah utara untuk tetap waspada dengan cuaca ekstrim ini, terutama bagi pengendara motor, jika terjadi hujan deras dihimbau untuk berhenti berteduh” Tegasnya.
Sementara itu menyikapi besarnya potensi bencana alam dimusim penghujan ini, Bupati Lombok Timur Sukiman Azmy telah menerbitkan SK tentang Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Banjir, Tanah Longsor, dan Angin Puting Beliung serta akan adanya dampak lain pohon tumbang dan sambaran petir, sehingga diharapkan kesiapan dan kewaspadaan seluruh masyarakat untuk mengantisipasi dan menghadapi potensi bencana ini.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )