Daftar Tunggu Haji di Mataram 35 Tahun

Daftar Tunggu Haji di Mataram 35 Tahun

Mataram – Waktu tunggu berangkat haji di seluruh wilayah Indonesia, dari tahun ke tahun semakin panjang, tak terkecuali di Kota Mataram.
Menurut Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Mataram H Muhammad Amin, daftar tunggu haji tahun ini meningkat dibanding data tahun 2019 lalu. Jika pada tahun 2019 daftar tunggu diprediksi mencapai 31 tahun, saat ini bertambah menjadi 35 tahun. Itu artinya, setiap jamaah yang mendaftar haji tahun ini, di prediksi baru akan berangkat pada tahun 2057 mendatang.
Semakin lamanya waktu tunggu bagi calon jamaah haji, ungkap Muhammad Amin, salah satunya disebabkan karena penundaan keberangkatan haji tahun 2020 dan tahun 2021.
Selain itu, dipangkasnya kuota haji pada tahun 2022 ini, juga turut mempengaruhi makin panjangnya waktu tunggu pemberangkatan jamaah haji di Mataram.
Muhammad amin berharap, dibukanya kembali penyelenggaraan ibadah haji pada tahun 2022 ini dapat berjalan dengan lancar.
Dengan lancarnya pelaksanaan ibadah haji pada tahun ini, diharapkan akan membuat pemerintah Arab Saudi kembali menormalkan dan menambah kuota jamaah haji, pada pelaksanaan ibadah haji di tahun-tahun berikutnya.
Jika hal itu terjadi, maka akan mampu memangkas waktu tunggu pemberangkatan jamaah calon haji, yang saat ini mencapai 35 tahun.
5 tahun
“Kalqu berangkatnya yang 50% atau kurang lebih itu, mudah-mudahan nantinya kita berdoa di tahun berikutnya kalau tahun 2023 atau 2024 ada kouta tambahan lagi,” harap Muhammad.(irh/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )