Dampak Pandemi, Pembeli Hewan Kurban Berkurang
Foto : Hewan kurban dalam pengawasan Dinas Peternakan NTB. (riska/lomboktvnew.com)

Dampak Pandemi, Pembeli Hewan Kurban Berkurang

Mataram-Jika biasanya hari raya Idul Adha atau hari raya kurban biasanya menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang hewan kurban. Namun, tidak demikian halnya, pada hari raya Idul Adha tahun ini. Karena masih dalam masa pandemi covid 19, para pedagang mengaku jumlah penjualan hewan jauh menurun dibanding tahun-tahun sebelum pandemi.
Idul Adha ditengah pandemi dan masa PpKM darurat yang dilaksanakan sejak 12 Juli lalu menyebabkan turunnya daya beli masyarakat.
Seperti yang disampaikan Muhammad, pedagang hewan kurban di Kota Mataram ini mengakui, daya beli masyarakat di masa pandemi ini mengalami penurunan dibanding tahun sebelum pandemi. Ia baru dapat menjual hewan kurban sebanyak 30 ekor sapi dan kambing. Padahal, dalam kondisi biasa sebelum pandemi, ia mampu menjual diatas itu sepekan sebelum hari raya Idul Adha.
“Kita akui memang penurunan daya beli masyarakat itu ada. Kita tidak tau sampai akhir nanti bagaimana penjualan kita” ujarnya.
Meski penjualan hewan kurban berkurang, Muhammad tetap bersukur masih ada masyarakat yang membeli hewan kurban jualannya. Dijelaskan Muhammad, range harga yang dipatoknya untuk sapi bervariasi tergantung jenisnya, berkisar anatara 15 hingga 22 juta rupiah per ekor. (ris/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )