Dinas Kesehatan Bangun Posko Kesehatan Korban Bencana Banjir

Dinas Kesehatan Bangun Posko Kesehatan Korban Bencana Banjir

Lombok Barat – Pemda Lombok Barat melakukan penanganan terhadap warga Dusun Kerandangan, desa Senggigi yang terdampak luapan air bah dan longsor.
Dinas Kesehatan Lombok Barat telah melakukan pendataan jumlah kelompok berisiko tinggi, ibu-ibu, anak-anak, dan lansia.
Kabid P3KL Dinas Kesehatan Lombok Barat, dr. H. Ahmad Taufik Fathoni mengatakan, selain mendata jumlah lansia yang terdampak bencana banjir, pihaknya juga membantu memberikan tawas untuk menetralisir sumur warga yang mulai terkontaminasi
Lebih lanjut ia menegaskan, bagi sumur warga yang lokasinya sangat dekat dengan sungai, pihaknya masih akan menunggu situasi stabil, agar proses penetralisiran berjalan sesuai prosedur dan tidak sia-sia.
“Tim dari penyehatan lingkungan sedang mengecek sumur-sumur warga yang terkena, jika lokasinya berjauhan dengan sungai kita berikan tawas. Kalau berdekatan dengan sungai kita tunggu air stabil dulu,” ujar Taufik.
Di tambahkannya, pihak Dikes pun saat ini sudah mulai membuka posko pelayanan kesehatan di sekitar lokasi terdampak untuk memudahkan akses masyarakat yang membutuhkan pemeriksaan dan pengobatan.
Terlebih, ada lansia yang kondisinya struk dan rumahnya sempat terisolir lantaran luapan air bah yang meluber ke jalan raya, sehingga jalan tersebut sempat berubah menjadi aliran sungai. Sebagian warga dievakuasi untuk diungsikan ke rumah keluarganya yang lebih aman.(ham/lbr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )