Ditemukan PMK, Pasar Hewan Selagalas Ditutup

Ditemukan PMK, Pasar Hewan Selagalas Ditutup

Mataram – Pasar Hewan Selagas di Kecamatan Sandubaya Kota Mataram, diputuskan mulai hari ini ditutup untuk sementara waktu.
Keputusan penutupan tersebut menyusul ditemukannya kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PKM) pada sejumlah sapi ternak yang berasal dari luar Kota Mataram.
Kepala Dinas Pertanian Kota Mataram, H Mutawali yang dihubungi melalui sambungan telepon mengayu, pasar hewan Selagalas sedianya akan ditutup sejak hari Selasa kemarin. Namun. karena belum dilakukan sosialisasi akhirnya diurungkan. Pasar hewan Selagalas tetap dibuka sembari timnya melakukan pemeriksaan secara intensif terhadap kondisi kesehatan ternak terutama sapi yang diperjual belikan di Pasar Selagalas.
Hasilnya, ditemukan sekitar 7 ekor sapi dari luar wilayah Mataram terjangkit penyakit mulut dan kuku, sehingga tidak diperkenankan masuk ke area Pasar Hewan Selagalas.
Atas temuan tersebut diputuskan
untuk menutup sementara waktu pasar hewan Selagalas sejak Rabu, 19/5/2022) hari ini.
Sampai saat ini, Kota Mataram masih steril dari kasus penyakit mulut dan kaki.
“Hari Selasa sebenarnya kami tutup tapi kita tidak enak langsung mendadak begitu tanpa ada sosialisasi. Ternyata ditemukan ada 7 hewan yang terkena virus dan kita tidak ijinkan masuk. Dan hari ini Kamis kita tutup,” papar Mutawali.
Mutawali berharap, penutupan pasar hewan Selagalas ini tidak berlangsung lama, agar tidak ber dampak pada sulitnya masyarakat mendapatkan akses untuk menjual dan membeli hewan ternak.
Mengingat, dalam waktu dekat ini akan tiba moment hari raya qurban. Dimana, perminataan masyarakat akan kebutuhan hewan kurban khususnya sapi dan kambing cenderung meningkat.(irh/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )