Dua Wartawan Senior NTB Ditetapkan Sebagai Ahli Pers

Dua Wartawan Senior NTB Ditetapkan Sebagai Ahli Pers

Lomboktvnews.com (Mataram) – Dua wartawan senior Nusa Tenggara Barat, HM Syukur (Pemimpin Umum Radar Mandalika) dan Yogi Hadi Ismanto ( Pemimpin Perusahaan Lombok TV) dinyatakan lulus sebagai ahli Pers oleh Dewan Pers.
Keputusan Dewan Pers itu tertuang dalam keputusan nomor : 524/DP-K/V/2024, tanggal 20 Mei 2024 tentang tentang Pengumuman Hasil Ujian Penyegaran dan Pelatihan Ahli Dewan Pers yang ditandatangani Ketua Dewan Pers, Dr Ninik Rahayu, SH, MS.
HM Syukur dan Yogi Hadi Ismanto mengikuti pelatihan dan penyegaran calon ahli Dewan Pers pada 2-4 Oktober 2023 di Swss-Bellhotel Makassar bersama 30 wartawan senior yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Setelah mengikuti serangkaian ujian oleh dewan penguji keduanya dinyatakan lulus dan layak sebagai ahli Pers. Dari 30 peserta, hanya 22 orang yang dinyatakan lulus. Ke-22 wartawan yang berhak menyandang predikat ahli pers itu adalah Arif Supriyono, Azhari Bahariawan Thalib, Charles Siahaan, Dian, Dion DB Putra, Erick Tanjung, Gino Franki Hadi, Hasanuddin Djadin, HM Syukur, Lestantya R. Baskoro, Mahmud Ici, Naska Mahmud Nabhan, Nawawi Bahrudin, Nurcholis Basyari, Nurdin Amir, Ray Wijaya, Riyanto Witjaksono, Saibansah Dardani, Sarjono. Juga ada Syamsul Huda M Suhari, Upi Asmaradhana dan Yogi Hadi Ismanto.
Diminta komentar tentang kelulusannya sebagai ahli Pers, HM Syukur menyatakan sesuai namanya bersyukur dan siap menjalankan amanah dari Dewan Pers.
“Alhamdulillah, sekarang NTB punya dua ahli Pers Dewan Pers sepeninggal tokoh Pers H Ismail Husni yang juga ahli Pers,” kata Abdus Syukur yang juga salah satu dari dua penguji UKW di NTB.
Sementara itu, Yogi Hadi Ismanto mengaku bahagia atas kelulusannya sebagai ahli pers. Ia juga berterimakasih telah diberikan kesempatan oleh Dewan Pers untuk mengikuti pelatihan dan penyegaran ahli pers dan akhirnya dinyatakan lulus.
“Alhamdulillah, kami dinyatakan lulus. Memang cukup banyak contoh kasus yang berkaitan dengan pers yang ditanyakan penguji dan harus kami jawab dan kami dinilai layak,” ujarnya.
Dengan ditetapkannya sebagai ahli pers Yogi berharap dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya untuk membantu penegak hukum dalam menuntaskan kasus-kasus yang berkaitan dengan pers sebagai penerus Almarhum H Ismail Husni, yang sebelumnya merupakan satu-satunya ahli Pers di NTB.
Selanjutnya para ahli Pers Dewan Pers diharuskan menandatangani surat pernyataan Independensi yang berisi tiga point penting. Pertama, bersedia untuk sewaktu-waktu ditugaskan sebagai Ahli Pers berdasarkan.
Surat Tugas dari Dewan Pers. Kedua, mampu bersikap independen, adil, dan obyektif dalam menjalankan tugas sebagai Ahli Pers dan yang ketiga, idak menjadi bagian dari partai politik, anggota legislatif atau pejabat di pemerintahan tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan pusat. (AR)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )