Dukung Pelaku UMKM Kembangkan Usaha, Perbankan Serahkan Sertifikat Halal

Dukung Pelaku UMKM Kembangkan Usaha, Perbankan Serahkan Sertifikat Halal

Mataram –  Laju penurunan grafik penularan COVID-19 yang mulai terlihat memberikan kabar baik bagi banyak pihak tidak terkecuali bagi pelaku bisnis UMKM. Untuk mendukung program pemerintah untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan memberikan nilai tambah untuk masyarakat. Kontribusi bagi pelaku bisnis UMKM dilakukan melalui aksi nyata dukungan akselerasi bisnis, kali ini perbankan turut serta dalam penyerahan sertifikat Halal bagi pelaku UMKM di NTB.

Sebagai bentuk nyata dukungan tersebut maka dilaksanakan penyerahan sertifikat kepada para pelaku UMKM, Yang dihadiri oleh Kepala KCU BCA Cakranegara Indrawanto Sahama, Gubernur Provinsi NTB Dr. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc., Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi NTB Ahmad Masyhuri, S. H., dan Direktur Utama LPPOM MUI Ir. Hj. Muti Arintawati, M.Si pada Rabu (10/11).

“Penyerahan sertifikat halal ini merupakan bentuk kelanjutan program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia – Karya Kreatif Indonesia beberapa bulan lalu. Sebelumnya, sebanyak 110 mitra UMKM telah mengikuti pelatihan bersama dengan e-comerce dan MUI pada April lalu. Berdasarkan pelatihan dan seleksi yang dilakukan terpilihlah 43 UMKM dari bidang kuliner yang memenuhi persyaratan dan mendapatkan sertifikat halal,” ujar Indrawanto.

Pada pelatihan beberapa waktu lalu, pelaku UMKM mendapatkan edukasi mengenai digitalisasi yang harus diterapkan di masa ruang gerak yang terbatas. Topik-topik yang relevan mengenai membangun bisnis seperti literasi keuangan, sertifikasi halal, serta pengelolaan food hygiene.

“Kehadiran sertifikat halal bagi pelaku UMKM di Lombok ini menjadi peluang yang baik untuk melakukan ekspansi bisnis. Selain itu juga ini menjadi nilai tambah bagi penjual untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, terlebih UMKM sebagai salah satu penopang perekonomian nasional. Kami berharap sertifikat ini dapat memberikan harapan baru bagi pelaku bisnis dan memberikan dampak positif bagi perekonomian,” tutup Indrawanto.

Sekretaris Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat, H.Lalu Gita Aryadi mengungkapkan “Pemda mendukung program ini sebagai pengembangan UMKM di NTB. Sehingga akan mendorong perekonomian daerah melalui usaha-usaha yang dijalankan UMKM ini. Langkah ini bisa dijadikan contoh perusahaan lainnya untuk membangun provinsi NTB”Pungkasnya

CATEGORIES

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )