FKKD Lotim Desak Pemda Segera Gelar Pilkades

FKKD Lotim Desak Pemda Segera Gelar Pilkades

Lotim – Forum Komunikasi Kepala Desa FKKD Lombok Timur menggelar HEARING dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan Bagian Hukum Pemda Lombok Timur di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD Lotim.
Dalam hearing tersebut, FKKD Mendesak Dinas PMD segera melaksanakan pemilihan kepala desa serentak khususnya untuk 53 desa, yang masa jabatannya berakhir tahun 2023 mendatang. Mereka meminta tenggat waktu Maret sampai April.
Alasannya, karena jika tidak segera dilaksanakan dikhawatirkan jabatan kepala desa terlalu lama diisi oleh penjabat. Mengingat kondisi ketertiban dan kemaanan tengah rawan, jelang pelaksanaan pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah serentak. Mereka mengklaim penjabat kepala desa tidak mampu memberikan jaminan keamanan terhadap desa yang dipimpin jika dibandingkan dengan Kepala desa definitif.
“Ada 53 desa yang akan berakhirn pada tahun 2023 pada bulan Februari, kita berharap semuanya harus diganti dan Pilkades dapat segera dilakukan,” harap Nurhadi.
Sementara itu, menananggapi tuntutan FKKD kepala bidang pemerintahan desa Dinas PMD Lombok Timur tidak berani memastikan kapan waktu pelaksanaan pemilihan kepala desa untuk 53 desa tersebut. Karena saat ini prosesnya masih dalam tahapan penyusunan Raperda tentang pilkades.
“Kami tidak bisa menjamin pemilihan kepala desa dilakukan dengan cepat, mudah -mudahan bisa cepat selesai pembahasan dengan dewan. Saat ini sedang dalam tahap penyusunan Raperda,” ujar Lukmanul Hakim.(rhl/ltm)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )