Formasi CPNS Loteng 2021, Alokasi P3K Terbanyak 1.886 Formasi
H. Nazili, S. Ip, Kepala BKPP Loteng (Dedy/lomboktvnews.com)

Formasi CPNS Loteng 2021, Alokasi P3K Terbanyak 1.886 Formasi

LOTENG-Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah telah mengumumkan formasi untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) untuk tahun 2021.

Dari 2.080 formasi yang tersedia, formasi untuk guru P3K menjadi yang terbanyak yakni 1.886 formasi.

Sementara untuk tenaga kesehatan dan tenaga teknis lainnya alokasi yang  tersedia hanya 194 formasi.

Pengumuman formasi CPNS dan P3K tahun 2021 secara resmi telah dikeluarkan pemerintah kabupaten lombok tengah melalui Badan Kpegawaian Pendidikan dan Pelatihan.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Lombok Tengah, H. Nazili menyebutkan bahwa banyaknya alokasi formasi untuk guru P3K merupakan program nasional kementerian Pendidikan Nasional untuk melakukan reformasi pendidikan dengan penyediaan tenaga guru berdasarkan data dapodik.

Dari jumlah formasi guru P3K yang diusulkan pemkab lombok tengah turunlah angka 1.886 formasi untuk mengisi kekurangan guru terutama guru Sekolah Dasar.

“Kita memang dulu pernah diminta usul , kita sudah melaporkan tapi yang turun 1.886, yang itu untuk mengisi kekurangan guru terutama di SD ” jelasnya.

Nazili menambahkan untuk kriteria guru yang dapat mengikuti seleksi P3K, diantaranya adalah harus guru honorer K2/ sesuai dengan aturan Kemenpan RB,  guru honorer yang telah terdaftar di data pokok pendidikan (DAPODIK) Kemendikbud dan aktif mengajar di sekolah negeri maupun swasta.

Nazili yang juga Plt Sekda Lombok Tengah mengatakan seleksi guru P3K akan dilakukan terpisah dengan seleksi CPNS yakni dilakukan menyusul. Selain itu, pelamar juga akan mengirimkan berkas lamaran langsung ke kemendikbud dan pemerintah daerah hanya bertugas memfasilitasi saat proses seleksi.

Sementara itu  untuk proses seleksi CPNS dan P3K akan dilakukan pada bulan Agustus mengikuti jadwal nasional. Sedangkan untuk tempat seleksi akan dilakukan di Kantor Bupati Lombok Tengah lantai 1 gedung C, dengan kapasitas CAT 150 unit dan proses seleksi akan dilakukan dengan estimasi tiga sesi per hari.

Terkait isu kemungkinan adanya CPNS dan P3K titipan, Nazili mengingatkan masyarakat harus cerdas, rekrutmen dengan sistem CAT yang telah dimulai sejak tahun 2018 tidak memungkinkan adanya calon titipan karena hasil dan nilai dapat dilihat secara langsung.

“Masyarakat juga harus cerdas artinya rekrutmen CPNS dengan sistem CAT sejak tahun 2018 dari pengalaman itu bisa dibuktikan, tida mungkin orang itu akan menitip atau memberikan harapan karena hasilnya bisa dilihat sama orang” ujarnya yakin.(ddy/loteng

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )