Gubernur NTB Izinkan Mudik Lokal

Gubernur NTB Izinkan Mudik Lokal

Mataram – Gubernur NTB Zulkiflimansyah memastikan tidak akan melakukan pembatasan untuk masyarakat yang akan melakukan mudik antar Pulau lombo dan Sumbawa,  Keputusan Gubernur mengizinkan mudik lokal karena jarak tempuh antar Kota/Kabupaten masing – masing di kedua Pulau Yakni Lombok dan Sumbawa cukup singkat, Yakni kurang dari 3 jam di Pulau Lombok dan 10 Jam di Pulau Sumbawa, Sehingga sangat memungkinkan pemerintah melakukan opsi mudik lokal.

“Persoalan mudik merupakan tradisi yang biasa dilakukan masyarakat dengan tujuan untuk berkumpul bersama keluarga besar, Sehingga untuk wilayah Nusa Tenggara barat tidak perlu ada pengaturan yang rumit serta tidak perlu ada persyaratan khusus, Apalagi untuk sekedar mudik serta waktu tempuh yang singkat” Ujar Gubernur Zulkiflimansyah

Ketentuan larangan mudik sudah dikeluarkan Pemerintah Pusar melalui peraturan nomer 13 tahun 2021 yang dikeluarkan Satgas Penangan Covid, Regulasi tersebut menyebutkan peniadaan mudik untuk masyarakat  lintas Kota/Kabupaten maupun Provinsi dengan menggunakan transportasi darat,Laut maupun Udara.

Peniadaan mudik berlaku selama 11 hari dari 6 Mei hingga 17 Mei 2021, Namun dikecualikan untuk pelayanan distribusi logistik, Bekerja atau perjalanan dinas, Kunjungan keluarga yang sakit, Kunjungan duka anggota keluarga yang meninggal dunia, Ibu hamil dan kepentingan persalinan.

Meski ada larangan mudik aturan ini tidak berlaku bagi 37 Kabupaten/Kota di Indonesia yang diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2021 Tentang Pengendalian Transportasi Masa Idul Fitri 1442 Hijriah. (srh/mtr)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )