Gubernur Targetkan Tahun 2024, RSUD Bertekad Bedah Jantung di NTB Terwujud Akhir Tahun ini

Gubernur Targetkan Tahun 2024, RSUD Bertekad Bedah Jantung di NTB Terwujud Akhir Tahun ini

Mataram – Tindakan bedah jantung yang selama ini tidak dapat dilakukan di Nusa Tenggara Barat akan terus diupayakan. Gubernur NTB, Zulkifliemansyah menargetkan Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat dapat melakukan tindakan bedah jantung pada tahun 2024 mendatang. Namun, pihak RSUD NTB justru bertekad dapat mewujudkan harapan tersebut diakhir tahun 2022 ini. Hal itu disampaikan Direktur Utama RSUD NTB, dr Herman Mahaputra, usai acara visitasi tim pengampu RS Jejaring Kardiovaskuler RS Jantung dan pembuluh darah Harapan Kita & Direktorat Pelayanan Kesehatan Rujukan Kemenkes RI di RSUD Provinsi NTB Kemenkes RI di Aula Suwignyo RSUD NTB, Selasa siang. Menurut Herman, untuk mewujudkan tekad tersebut, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan, seperti fasilitas penunjang dan sumber daya manusia. Untuk tenaga medis yang kompeten, RSUD NTB akan mengirimkan dr bedah jantung ke Jakarta yang nantinya setelah kembali dapat melakukan tindakan bedah jantung seterusnya di RSUD Provinsi NTB. Herman menyebutkan, tindakan non bedah jantung telah lama dilakukan di RSUD NTB, namun untuk tindakan bedah jantung sejauh ini masih belum dapat dilakukan. Karena itulah, pihaknya bertekad dapat segera mewujudkan target gubernur lebih cepat.
“Pak Gubernur menargetkan tahun 2024 untuk bisa dilakukan tindakan bedah jantung di NTB, tapi kami akan berusaha mewujudkan pada akhir tahun ini. Kalau tindakan non bedah jantung, kita sudah sering lakukan,” tandas Herman.
Tindakan bedah jantung merupakan tindakan medis untuk memperbaiki kondisi jantung yang bermasalah. Dokter yang melakukan tindakan bedah jantung berbeda dengan dokter jantung. Kedepan RSUD NTB, diharapkan dapat melahirkan dokter yang melakukan tindakan bedah jantung untuk menangani kebutuhan masyarakat di daerah ini. Sehingga tidak perlu lagi ke luar daerah.(rif/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )