Haji tahun 2022, NTB Dapat Kuota 2.042 Jamaah

Haji tahun 2022, NTB Dapat Kuota 2.042 Jamaah

Mataram – Pemberangkatan haji tahun 2022 resmi dibuka kembali oleh pemerintah kerajaan Arab Saudi yang sebelumnya ditutup akibat pandemi covid-19.
Dimana, pada musim haji tahun ini kuota haji untuk pemerintah provinsi NTB ditetapkan sebanyak 2.042 jamaah, ditambah 12 petugas haji.
Kepala Kemenag Provinsi NTB H.M Zaidi Abdad mengatakan, tim dari Kemenag kabupaten/kota mulai turun ke para jemaah untuk memastikan rencana keberangkatan mereka. Karena setelah kuota haji turun, kata Zaidi Abdad muncul laporan adanya JCH yang suami-istri tidak bisa berangkat bersamaan. Sehingga perlu singkronisasi dan penyesuaian di lapangan.
Selanjutnya, Kemenag NTB juga saat ini tengah menyiapkan hal-hal yang bersifat lebih teknis seperti penyusunan kepanitiaan haji dengan melibatkan sejumlah stakeholder seperti Pemprov NTB, Dinas Kesehatan, KKP, penerbangan, Kantor Imigrasi, otoritas bandara dan lainnya.
Zaidi Abdad juga mengatakan, sesuai dengan syarat yang telah ditentukan oleh Kerajaan Arab Saudi bahwa jemaah yang berusia 65 tahun ke atas tidak diperkenankan untuk ikut berangkat haji tahun ini. Meski demikian, sejauh ini belum ada informasi para jemaah yang tidak mendapatkan izin berangkat karena faktor usia itu mengambil dana hajinya. Zaidi berharap tidak ada jemaah yang menarik dana hajinya, karena di tahun depan kebijakan haji kemungkinan akan berubah.
Sebelumnya, Kemenag telah mendapatkan kepastian kuota haji tahun 2022 dari Kerajaan Arab Saudi yaitu sebanyak 100.051 jemaah dari total jemaah yang akan berhaji tahun ini sebanyak 1 juta orang dari seluruh dunia. Pemberangkatan kelompok terbang (kloter) pertama jamaah haji Indonesia akan dilaksanakan pada 4 Juni 2022. Sementara jadwal keberangkatan JCH asal NTB sejauh ini belum ada jadwal yang konkret karena masih dalam tahap koordinasi.(ddy/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )