Harga Beras Petani Harus Mahal, Distan Lobar Usul Pemerintah Berikan Subsidi Pangan

Harga Beras Petani Harus Mahal, Distan Lobar Usul Pemerintah Berikan Subsidi Pangan

Lombok Barat – Kadis Pertanian Lombok Barat, Lalu Winengan menegaskan dukungannya agar harga beras atau gabah yang dijual oleh para petani harus mahal. Menurut Winengan, harga beras mahal adalah hak para petani yang telah bekerja keras. Namun, ia juga menyadari bahwa beras harus tetap terjangkau bagi masyarakat. Untuk itu, ia mengusulkan agar negara memberikan subsidi pangan.
“Harga beras dari petani itu harus mahal dan untuk menjaga inflasi maka negara bertanggung jawab untuk mengadakan subsidi pangan. Di mana negara membeli gabah di panen raya dengan harga mahal, dijual ke rakyat murah,” ujar Winengan pada acara panen raya di Desa Tanak Beak Narmada, Selasa (24/10/23).
Ia juga mengapresiasi kerja keras para pihak di sektor pertanian, terutama para petani. Ia mengatakan bahwa mereka telah membuktikan bahwa mereka dapat tetap bercocok tanam dengan baik di tengah cuaca ekstrem ini.
“Di saat daerah lain takut dengan El Nino, tapi kita di Lombok Barat tetap panen. Alhamdulillah harus kita bersyukur kepada Allah,” pungkasnya.
Salah seorang petani, Zulkifli, menuturkan bahwa keberhasilan ini juga tak terlepas dari insting para petani dalam mengatur pola dan ritme tanam. Ia mengatakan bahwa para petani di sini telah memiliki kesepakatan untuk bergiliran air dengan desa-desa lainnya di wilayah Kecamatan Narmada. Dengan begitu, mereka dapat menghindari rebutan air yang berpotensi menyebabkan gagal panen.
“Teorinya di sini, airnya saat ini tidak kita ambil serentak. Sekarang saat kita (Tanak Beak) panen, dari Peninjoan sampai Keru sekarang mulai menanam. Nah besok setelah mereka mulai memupuk, kita di sini mulai membajak. Itu yang bikin gak kesulitan air,” tandasnya.
Zulkifli berharap bahwa panen raya ini dapat menjadi motivasi bagi para petani lainnya untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi pangan. Ia juga berterima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan bantuan dan dukungan kepada para petani.
“Semoga panen raya ini bisa jadi contoh bagi petani lainnya. Kami juga berterima kasih kepada pemerintah yang telah membantu kami dengan bibit, pupuk, dan alat-alat pertanian. Kami berharap pemerintah terus memperhatikan nasib kami sebagai petani,” harapnya.(HAM)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )