Istana Bupati KLU Mulai Dibangun

Istana Bupati KLU Mulai Dibangun

KLU-Setelah melalui beberapa proses, akhirnya kantor bupati Lombok Utara mulai dikerjakan hari ini. Pemda KLU menganggarkan Rp. 44 milyar lebih untuk pembangunan kantor saat perekonomian masyarakat lesu akibat bencana gempa dan pandemi covid19. Meski demikian, pemda KLU komitmen bahwa tahun 2023, pemerintahan yang baru berusia 13 tahun itu akan memiliki kantor bupati yang bisa dibanggakan oleh rakyat KLU.
Kantor dengan total luas bangunan seluas 2.3 hektar dan luas landskape 2 hektar lebih, akan diperuntukan sebagai lapangan upacara, taman dan parkir kendaraan.
Pembangunan kantor bupati saat perekonomian masyarakat sedang lemas disayangkan oleh banyak kalangan. Namun, Djohan Syamsu tetap pada pendiriannya,bahwa tahun 2023, KLU harus memiliki kantor bupati. Djohanpun berjanji tidak akan mengabaikan pembangunan sumber daya manusia di KLU. Anggaran perekonomian, sosial serta pengentasan kemiskinan tidak akan diganggu oleh kegiatan pembangunan istana kantor bupati itu
“Kita ingin disamping pembangunan kantor bupati, pembangunan ekonomi juga tetap jalan beriringan, salah satu yang kita juga sudah memberikan kredit usaha tanpa bunga,” terang Djohan.
Ditambahkan djohan bahwa, sudah saatnya KLU memiliki bangunan kompleks perkantoran yang dapat dibanggakan masyarakat KLU. Adanya pesta demokrasi tahun 2024, menjadi alasan pemda KLU mensegerakan pengerjaan pembangunan kantor bupati tersebut.
Istana bupati yang megah itu sendiri direncanakan akan terdiri dari bangunan induk 4 lantai dengan gedung kesekretariatan berada dibelakang gedung utama.
Lantai 1 terdiri dari ruangan bupati, wakil bupati, sekda dan ruang rapat khusus. Sedangkan, para asisten dan staf ahli akan menempati lantai dua.
Lantai tiga akan dipusatkan sebagai tempat ibadah para abdi negara dan pegawai lainnya. Sedangkan, untuk lantai dasar akan dihuni oleh para kepala bagian dan sub bagian.
Pelaksanaan kontrak pembangunan gedung senilai 45 milyar yang dananya bersumber dari APBD KLU yang tengah ambruk itu dimulai bulan Februari 2022. Efektif bangunan istana itu akan mulai dikerjakan pada bulan Maret dan diperkirakan berakhir bulan desember 2022.
Penyedia jasa konstruksi pembangunan gedung itu adalah PT Damai Indah Utama dengan nilai kontrak kosntruksi sebesar Rp. 43 milyar. Sedangkan konsultan berasal dari PT Momen Estetika Consultan yang bekerjasama dengan CV Pola Dwipa consultan dengan nilai kontrak Rp. 1.1 milyar.(shd/klu)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )