Kapan Pelajar Mulai Masuk Sekolah ?

Kapan Pelajar Mulai Masuk Sekolah ?

Mataram- Banyaknya desakan untuk membuka sekolah guna melaksanakan pembelajaran secara tatap muka disikapi Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi NTB yang menyerahkan kebijakannya kepada pemerintah daerah masing-masing.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Nurhandini Eka Dwi kepada awak media di Mataram, Senin (17/8) kemarin mengatakan bahwa keputusan pembukaan sekolah di masa kenormalan baru, sepenuhnya ada di tangan pemerintah daerah.

Pemerintah daearah dinilai lebih mengetahui kondisi daerahnya masing-masing. Terutama, terkait potensi penularan Covid-19.

Menurutnya, banyaknya desakan masyarakat yang menginginkan putra putri mereka bisa kembali ke sekolah, melakukan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka merupakan hal yang wajar. Akan tetapi, keputusan itu menjadi kewenangan masing- masing pemerintah daerah yang lebih faham bagaimana kondisi di daerahnya sendiri.

“Sebelum memutuskan membuka sekolah, Pemda harus melakukan kajian secara mendalam, karena jangan sampai spekulasi membuka sekolah bagi peserta didik justru akan memicu munculnya klaster baru penularan virus Corona. Sebab, penularan Corona tidak hanya berpotensi terjadi di dalam lingkungan sekolah, namun juga saat peserta didik tengah berada dalam perjalanan menuju maupun pulang sekolah”, terangnya.

Lebih lanjut disampaikan Nurhandini, setidaknya ada lima persyaratan yang harus dipenuhi oleh masing-masing sekolah, jika ingin membuka sekolah untuk kegiatan belajar mengajar secara tatap muka. Salah satunya, sekolah tersebut berada di wilayah zona kuning penularan Covid-19.(may/mtr)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )