Kasus Covid 19 Menurun, Dompu Berubah Status ke Level Dua

Kasus Covid 19 Menurun, Dompu Berubah Status ke Level Dua

Mataram-Pemerintah memutuskan kembali memperpanjang Perlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).
Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri, PPKM kembali diperpanjang hingga 6 September 2021 untuk beberapa wilayah di luar Jawa-Bali, termasuk NTB.
Meski demikian dii NTB sendiri, saat ini angka kasus covid-19 mulai melandai.
Asisten III Setda Provinsi NTB, dr Nurhandini Eka Dewi menyebutkan, sebelumnya di NTB sebanyak 10 Kabupaten/Kota masuk dalam kategori PPKM level 3, namun saat ini satu daerah, yakni Kabupaten Dompu mengalami penurunan level menjadi PPKM level 2.
Sementara, Kota Mataram, Kabupaten Bima, Bima Kota, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Utara, Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat masih bertahan pada status level 3.
Dikatakan Eka, kasus covid-19 di NTB masih fluktuatif, sehingga Pemprov NTB akan memperkuat testing dan tracing kontak yang akan menentukan status masing-masing daerah di NTB.
Menurutnya, berdasarkan hasil evaluasi daerah dengan tracing dan testing kontak terendah saat ini, adalah Kabupaten Bima dan Lombok Tengah.
“Memang sudah mulai melandai, kita tetap melakukan traceing sebagai bahan evaluasi kita untuk menentukan status masing-masing daerah” terang Eka.
Pemprov NTB menargetkan jumlah tracking dan testing kontak di NTB sebanyak 40 hingga 50 per hari.
Berdasarkan data yang dimiliki Pemprov NTB, angka positif covid-19 di NTB per harinya masih tinggi yakni berada di angka 100 hingga 160 per harinya.
Oleh karena itu, Pemprov NTB mengambil langkah untuk melatih Babinsa, Babinmas, dan Kader Posyandu sebagai tracer untuk mempermudah pemantauan.(ris/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )