Kasus Transmisi Lokal Covid-19 di NTB Melonjak

Kasus Transmisi Lokal Covid-19 di NTB Melonjak

Mataram- Kasus positif virus corona bru atau Covid-19 di NTB yang disebabkan penularan atau transmisi lokal terus mengalami lonjakan. Dari 7 pasien yang hari ini Senin (4/05/2020) terkonfirmasi positif , 6 diantaranya dinyatakan positif karena di sebabkan oleh transmisi lokal.

Jika melihat dari data pasien yang di rilis Gugus Tugas Provinsi NTB, 6 kasus baru yang disebabkan transmisi lokal ini menimpa satu anggota keluarga, yakni pasien nomor 269 berinisial RRA, laki-laki usia 9 tahun, pasien nomor 270 inisial N, perempuan usia 33 tahun, pasien nomor 271 inisial MS laki-laki usia 70 tahun, pasien 272 inisial ZH laki-laki usia 43 tahun,Pasien nomor 273, RRH, laki-laki, usia 13 tahun, dan Pasien nomor 274, inisial M, perempuan, usia 39 tahun.

Enam pasien yang tercatat sebagai penduduk Kelurahan Cakranegara Barat, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram terkonfirmasi tidak pernah melakukan perjalanan ke daerah terjangkit Covid-19n namun memiliki riwayat kontak erat dengan pasien Covid-19 nomor 233.

Pasien 233 sendiri yakni SM yang saat ini masih dirawat diruang isolasi RSUD Provinsi NTB, tercatat memiliki riwayat kontak dengan anggota keluarganya , yang baru pulang dari luar negeri.

“ Beberapa kasus positif Covid-19 diantaranya menimpa hampir seluruh anggota keluarga, sehingga terpaksa harus meninggalkan anak-anak dibawah umur untuk menjalani perawatan dan isolasi, “ kata Sekretaris Daerah selaku Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Provinsi NTB, Lalu Gita Aryadi melalui Siaran Persnya , Senin 4 Mei 2020.

Lalu Gita Aryadi Mengatakan, terhadap hal ini akan ada pendampingan khusus dari DP3AP2KB Provinsi NTB beserta pemerintah daerah terkait bekerjasama dengan lembaga-lembaga sosial dan perlindungan anak serta tetangga-tetangga terdekat supaya dapat menjamin kebutuhan pokok sekaligus rasa aman kepada anak-anak yang untuk sementara waktu ditinggalkan tersebut.

“ Dalam masa-masa ini, gotong royong dan kebersamaan menjadi hal yang sangat penting agar pandemi Covid-19 ini dapat kita lalui dan bisa segera berakhir,” Ungkapnya.

Selain 6 pasein baru terkonfirmasi positif Corona, ada satu lagi warga yang juga hari ini terkonfirmasi

Pasien nomor 275, berinisial ENP, perempuan, usia 2 tahun, penduduk Kelurahan Sekarteja, Kecamatan Selong, Kabupaten Lombok Timur.

Jalur penularan, pasein nomor 275 ini, terbilang masih misteri. Pasalanya, selain tidak pernah melakukan perjalanan ke daerah terjangkit Covid-19. Pasien yang saat ini dirawat di Ruang Isolasi RSUD R. Soedjono Selong , terkonfirmasi tidak memiliki Riwayat kontak dengan orang sakit Covid-19 .

Sementara itu, Selain adanya kasus baru, Gugus Tugas Provinsi NTB juga Merilis adanya 4 (empat) orang yang sembuh dari Covid-19. Sehingga, dengan adanya tambahan 7 (tujuh) kasus baru terkonfirmasi positif, 4 (empat) tambahan kasus sembuh baru, dan tidak ada kematian baru, maka jumlah pasien positif Covid-19 di Provinsi NTB sampai hari ini (4/5/2020) sebanyak 275 orang, dengan perincian 47 orang sudah sembuh, 5 (lima) meninggal dunia, serta 223 orang masih positif dan dalam keadaan baik.(irhm/mtr)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )