Kekurangan Alat Berat, DLH Mataram Kewalahan Bersihkan Sampah di TPS

Kekurangan Alat Berat, DLH Mataram Kewalahan Bersihkan Sampah di TPS

Mataram – Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram , Sampai saat ini terus fokus membersihkan sampah rumah tangga dan sampah jenis lainnya yang menumpuk di Tempat Pembuangan Sampah Sementara di wilayahnya.

Namun, Proses pembersihan atau pengankutan tumpukan sampah di TPS menuju TPA Kebon Kongok terlihat kurang maksimal bahkan kerap mengalami keterlambatan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram Nazarudin Fikri mengaku jika pihaknya kewalahan dalam membersihkan tumpukan sampah di TPS, Dimana , Selain pihaknya tidak dapat mengendalikan warga yang masih membuang sampah di TPS, Keterlambatan pengankutan sampah dari TPS ke TPA juga disebabkan minimnya sarana penunjang khususnya alat berat.

Saat ini Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram memiliki tiga unit alat berat yang menangani 10 TPS yang tersebar di wilayah Kota Mataram sehingga dalam penggunaanya dilakukan secara bergilir.

“karena minim alat berat yang kita miliki , ini membuat proses pengangkutan sampah menjadi terlambat, apalagi kita dalam masa pandemi seperti ini  jika proses pengangkutan dilakukan secara manual petugas kita beresiko terkena covid19”Ujarnya

“kita sangat butuh alat berat untuk memaksimalkan proses penanganan sampah di Kota Mataram” Akunya

Nazarudin Fikri menyampaikan juga, Untuk penambahan Alat Berat pengadaanya akan diusulkan saat dilakukanya Perubahan Anggaran berjalan , Dimana , Pihaknya berencana untuk mengubah peruntukan anggaran yang sebelumnya disiapkan untuk pengadaan Dump Truck diubah untuk Pengadaan Alat Berat.

“Melihat kondisi petugas dilapangan , yang kita butuhkan alat berat yang kecil ,estimasi harga di angka ratusan juta rupiah” Pungkasnya (irhm/mtr)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )