Kerugian Akibat Banjir dan Longsor NTB Capai Ratusan Miliar

Kerugian Akibat Banjir dan Longsor NTB Capai Ratusan Miliar

Mataram – Banjir dan longsor yang menerjang berbagai daerah di Nusa Tenggara Barat (NTB) sedikitnya berdampak pada 4 daerah, yakni Kabupaten Lombok Barat, Lombok Utara, Bima, dan Kota Mataram.
Berdasarkan data sementara BPBD Provinsi NTB, sebanyak 960 rumah warga yang terdampak parah. Berbagai fasilitas umum, juga mengalami kerusakan, seperti akses jembatan, sekolah hingga tempat ibadah.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi NTB, Sahdan menyampaikan, bahwa hingga saat ini pihaknya masih terus melakukan perhitungan dan validasi data terkait jumlah kerugian yang disebabkan oleh bencana alam tersebut. Namun, berdasarkan data sementara, ditaksir jumlah kerugian yang ditanggung mencapai ratusan milyar rupiah.
Disebutkan Sahdan, bahwa saat ini pihaknya akan membentuk tim verifikasi guna melakukan validasi data, untuk kemudian dijadikan data untuk mengajukan anggaran pemulihan ke pemerintah pusat.
“Kita sudah rapat di Bappeda, sudah ada tim yang akan melakukan verifikasi dampak bencana. Kerugian mencapai ratusan miliar termasuk sarana dan prasarana umum,” terangnya.
Ditambahkannya, bahwa perbaikan fasum berupa akses jalan dan jembatan yang rusak akibat bencana alam itu telah mulai dilakukan untuk mempermudah mobilitas masyarakat yany terdampak bencana.
Diharapkan, pengerjaan akses jalan dapat segera tuntas, agar akses lalu lintas dapat segera kembali normal.(ris/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )