Ketua Bawaslu Lombok Barat Harapkan Masyarakat Ikut Awasi Pemilu 2024

Ketua Bawaslu Lombok Barat Harapkan Masyarakat Ikut Awasi Pemilu 2024

Lomboktvnews.com (Lombok Barat) – Dalam konteks kepemiluan, pelibatan masyarakat dalam pengawasan penyelenggaraan pemilu 2024 sangat diperlukan. Pengawasan partisipatif merupakan strategi untuk melibatkan masyarakat secara luas dalam pengawasan Pemilu secara aktif dengan tujuan menekan potensi pelanggaran Pemilu.
Ketua Bawaslu Lobar, Rizal Umami saat ditemui seusai menyampaikan sosialisasi pengawasan Partisipatif mengatakan, tujuan sosialisasi pengawasan partisipatif adalah untuk memujudkan warga negara yang aktif dalam mengikuti perkembangan pembangunan demokrasi melalui Pemilu.
“Pengawasan Pemilu adalah kegiatan mengamati, mengkaji, memeriksa, dan menilai proses penyelenggaraan Pemilu sesuai peraturan perundang- undangan,” ujar Rizal
Menurut Rizal, pengawasan juga menjadi sarana pembelajaran politik yang baik bagi masyarakat pemilih dan sebagai bentuk pertanggungjawaban moral Bawaslu kepada publik.
Rizal mengatakan Istilah Pengawas Partisipatif itu sendiri dimaksudkan untuk menyampaikan pesan kepada seluruh pihak yang terlibat dalam Pemilu dan masyarakat pada umumnya, bahwa betapa pentingnya masyarakat sebagai pengawas Partisipatif pada Pemilu 2024.
Dengan demikian, pengawasan partisipatif akan memicu masyarakat agar lebih peduli terhadap Pemilu sehingga tujuan pemilu tercapai dengan baik.
“Tidak hanya mengandalkan Bawaslu, kami juga berharap masyarakat menjadi pelapor tidak hanya menghandalkan Bawaslu yang sedikit ini,” harapnya.(ham)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )