Kota Mataram Kembangkan Budidaya Maggot

Kota Mataram Kembangkan Budidaya Maggot

Mataram – Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram, mulai melakukan persiapan pengembangan budi daya maggot di Kawasan Kebon Talo Kecamatan Ampenan.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram, H Kemal Islam menyampaikan, saat ini pihaknya mulai membangun lapak centra pengembangan budi daya maggot.
Saat ini sedang dilakukan pengerukan lahan, sembari menunggu rampungnya proses tender atas pembangunan lapak budi daya maggot.
Dikatakannya, jika centra pengembangan maggot itu mulai beroperasi, pihaknya menargetkan sekitar 30 persen sampah basah dari rumah tangga bisa berkurang.
Kemal juga menyampaikan, pembangunan pusat budi daya meggot ini diharapkan bisa menjadi proyek percontohan untuk pengembangan budi daya maggot berskala lingkungan.
“Maggot itu kan makanannya sampah rumah tangga, jadi nanti akan kita budidayakan sampai ke lingkungan. Kita dari pemerintah Kota Mataram ingin membuat contoh dulu, maggot center ini nantinya akan menjadi proyek percontohan,” terang Kemal.
Seperti diketahui, pada APBD tahun anggaran 2022 ini, pemerintah kota mataram telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp. 1 , 2 miliar untuk membangunan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk pengembangan budi daya maggot.
Jika budi daya maggot oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram tersebut berhasil, tidak hanya memberikan dampak pada berkurangnya volume sampah rumah tangga, namun juga berpotensi menjadi sumber pendapatan asli daerah yang baru.
Sebab, selain sebagai pakan ternak, hasil pengolahan maggot juga bisa difungsikan sebagai pupuk.(irh/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )