KPK Tunjuk Tiga Desa di Lotim Sebagai Desa Percontohan Desa Antikorupsi

KPK Tunjuk Tiga Desa di Lotim Sebagai Desa Percontohan Desa Antikorupsi

Lotim – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia menujuk tiga desa dikabupaten Lotim untuk melaksanakan program Desa Antikorupsi. Tiga desa ini ditunjuk sebagai percontohan, yaitu Desa Labuhan Lombok Kecamatan Pringgabaya, Desa Kembang Kuning Kecamatan Sikur, dan Desa Kumbang Kecamatan Masbagik.
Mewakili Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK, Ariz Dedy Arham dalam audiensinya di Ruang Rapat Wakil Bupati mengatakan, alasan dipilihnya lotim sebagai lokasi percontohan Desa Antikorupsi di NTB, berdasarkan referensi dari tim penyusun buku. Indikator Desa Antikorupsi, yaitu dari Kementerian Dalam Negeri Kementerian Desa, Kementerian Keuangan pemerhati desa/ dan akademisi.
Lebih jauh dijelaskannya, komponen yang harus dipenuhi sebagai desa antikorupsi meliputi lima komponen dari 18 sub indikator, Lima komponen tersebut meliputi penguatan tata laksana, penguatan pengawasan, kualitas pelayanan publik, partisipasi publik, dan kearifan lokal.
Menanggapi ini, wakil bupati,lotim Rumaksi SJ mengatakan, tiga desa yang ditunjuk telah siap memenuhi indikator penilaian, Pemda pun akan membentuk tim yang akan mengawal melalui asistensi dan pembinaan terhadap tiga desaF tertersebut.
“Kita tindak lanjuti dan ini yang perlu kita kerja samakan dengan semua pihak,” ujar Rumaksi.
Rumaksi mengatakan, dengan adanya percontohan Desa Antikorupsi di daerah ini diharapkan dapat membangun dan menguatkan budaya antikorupsi, tidak hanya di desa tersebut, melainkan juga di tingkat kabupaten.(rhl/ltm)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )