KPU NTB Tuntaskan Verfak Parpol Calon Peserta Pemilu 2024

KPU NTB Tuntaskan Verfak Parpol Calon Peserta Pemilu 2024

Mataram – Komisi Pemilihan Umum Provinsi NTB akhirnya menyelesaikan Rekapitulasi Verifikasi Faktual Keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu tahun 2024.
Komisi Pemilihan Umum Provinsi NTB telah menyelesaikan Rekapitulasi Verifikasi Faktual Keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2024 tingkat Provinsi NTB dalam Rapat Pleno Internal yang dihadiri lengkap lima orang Komisioner pada Minggu kemarin.
Ketua KPU Provinsi NTB, Suhardi Soud mengatatakan, setelah Rekapitulasi Verifikasi Faktual, KPU Provinsi NTB akan melaporkan hasilnya ke KPU RI.
Selanjutnya, KPU RI akan melakukan rekapitulasi secara nasional. Dan masyarakat belum bisa mendapat informasi partai mana saja yang lolos, karena menjadi kewenangan KPU RI yang akan langsung menyampaikan hasilnya ke partai politik di tingkat pusat.
Suhardi juga menambahkan penentuan status menjadi kewenangan KPU RI, apakah sembilan partai tersebut lolos atau tidak. Jika tidak maka akan ada fase perbaikan.
Sementara itu, lolos atau tidaknya partai politik sebagai peserta Pemilu 2024 sangat bergantung pada kelengkapan yang dipersyaratkan.
Verifikasi faktual dilakukan KPU NTB di seluruh kabupaten/kota yang berakhir pada tanggal 4 November lalu. Verifikator KPU melakukan verifikasi faktual terhadap 9 partai politik dengan jumlah sample yang diterima.
“Jadi kita melaksanakan verifikasi administrasi saja untuk yang parlemen yang non parlemen dan partai baru yang kita verifikas faktual, secara keseluruhan berjalan lancar,” ujar komisioner KPU NTB, Agus Hilman.(ddi/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )