KPU Tunda Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024, Nurul Adha: Rawan Kecurangan

KPU Tunda Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024, Nurul Adha: Rawan Kecurangan

Lomboktvnews.com (Lombok Barat) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menunda rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) hingga Senin (19/2/2024). Alasan penundaan ini belum dijelaskan secara resmi oleh KPU.
Penundaan ini mendapat kritik keras dari sejumlah pihak, termasuk dari Wakil Ketua DPRD Lombok Barat, Nurul Adha, yang juga calon legislatif (caleg) dari Daerah Pemilihan (Dapil) III Kediri Labuapi. Nurul Adha menilai bahwa penundaan ini sangat berisiko menimbulkan kecurangan dalam penghitungan suara.
“Keterlambatan penghitungan suara ini peluang terjadinya kecurangan sangat besar. Saya harap semua pihak, termasuk partai-partai dan saksi-saksi, membawa data-data yang valid sebagai pembanding yang kuat. Jangan sampai ada yang bermain-main dengan suara rakyat,” ujar Nurul Adha saat dihubungi.
Nurul Adha juga mengungkapkan kecurigaannya terhadap penundaan ini. Ia menduga ada sesuatu yang tidak beres di balik keputusan KPU.
“Penundaan ini kan dua hari lama. Apa yang mereka lakukan selama itu? Apakah ada yang mengutak-atik kotak suara? Apakah ada yang mengganti surat suara? Ini harus diawasi ketat oleh semua pihak,” tegasnya.
Sementara itu, Ketua Bawaslu Lombok Barat Rizal Umami mengatakan bahwa penundaan ini berdasarkan informasi dari KPU Provinsi. Namun, ia belum mendapatkan penjelasan resmi dari KPU RI. “Kami belum tahu apa alasan penundaan ini. Apakah ada masalah teknis, administrasi, atau lainnya. Kami akan segera meminta klarifikasi dari KPU,” kata Rizal.
Rizal juga menegaskan bahwa pihaknya tetap konsisten mengawasi proses penghitungan suara di tingkat kecamatan. Ia meminta kepolisian untuk sigap dan menjaga agar kotak suara tidak dibuka sebelum rapat pleno dimulai. “Kami pastikan kotak suara masih tersegel dan tidak ada yang mengganggu. Kami akan mengawal proses ini sampai selesai dengan transparan dan akuntabel,” ucapnya.(Ham)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )