KUA PPAS Perubahan APBD Kota Mataram 2021 Disahkan

KUA PPAS Perubahan APBD Kota Mataram 2021 Disahkan

Mataram-Setelah melalui pembahasan ditingkat badan anggaran DPRD bersama tim anggaran pemerintah daerah, Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUAPPAS) perubahan APBD Kota Mataram tahun 2021 akhirnya disahkan.
Pengesahan KUA-PPAS perubahan APBD tersebut dilakukan oleh Walikota Mataram, H Mohan Roliskana, bersama ketua DPRD Kota Mataram, H Didi Sumardi melalui sidang paripurna DPRD Kota Mataram. Sidang paripurna yang digelar secara virtual dan dipimpin langsung ketua DPRD Kota Mataram, H Didi Sumardi itu, diawali dengan penyampaian hasil pembahasan badan anggaran terhadap rancangan perubahan KUA PPAS 2021, oleh juru bicara badan anggaran DPRD, Abdul Malik.
Abdul malik menyampaikan setelah mencermati rancangan perubahan KUA PPAS tahun 2021, dan memperhatikan hasil rapat badan anggaran DPRD Kota Mataram dan tapd Kota Mataram secara umum pagu anggaran pendapatan daerah, pada rancangan KUA-PPAS Kota Mataram tahun 2021, pendapatan bertambah sebesar Rp.38,1 milyar yang terdiri dari pendapan asli daerah bertambah sebesar Rp. 18,8 milyar, pendapatan transfer bertambah sebesar Rp. 19,34 milyar, dan sisa lebih pembiayaan anggaran bertambah Rp. 13,8 milyar. Dengan demikian, dalam APBD perubahan terdapat tambahan pendapatan sebesar Rp. 51,98 milyar.
Sementara, untuk kebijakan belanja, badan anggaran mendorong pemerintah Kota Mataram melaksanakan program dan kegiatan dengan tetap mempertimbangkan pemenuhan anggaran belanja untuk bidang pelayanan dasar, seperti pendidikan, kesehatan, infrastruktur, termasuk penguatan pengawasan oleh inspektorat daerah sebagaimana amanat Permendagri nomor 64 tahun 2020.
Disamping itu, alokasi anggaran untuk mendukung prioritas pembangunan kota mataram dan penyediaan anggaran untuk pencapaian target pembangunan tahun 2021 dan percepatan penanganan serta pemulihan covid -19.
Berdasarkan hasil pembahasan tersebut, badan anggaran DPRD Kota Mataram dan tim angggaran pemerintah daerah Kota Mataram, atas nama Walikota Mataram, menyepakati perubahan KUA-PPAS Kota Mataram tahun 2021 dengan rincian, pendapatan sebesar Rp. 1, 43 triliun lebih, belanja sebesar Rp. 1,46 triliun lebih, dan defisit sebesar Rp.33 miliar lebih.
Sementara itu, Walikota Mataram, H Mohan Roliskana, dalam sambutannya melalui video conference menyampaikan apresiasi, penghargaan, dan ucapan terima kasih kepada Pimpinan dan segenap anggota Dewan, yang meskipun masih dalam kondisi pandemi Covid-19, pembahasan KUA dan PPAS perubahan Tahun Anggaran 2021 berhasil mencapai kesepakatan bersama yang dan disahkan pada hari ini.
Walikota menyadari, akibat pandemi Covid-19, banyak program yang tertunda dan terhambat pelaksanaannya, dan memprioritaskan penanganan pandemi Covid-19, sekaligus memperhatikan dampak sosial ekonomi yang ditimbulkan pada masyarakat.(irh/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )