Kuota Haji Dibatasi, Kota Mataram Terima 401 Jamaah

Kuota Haji Dibatasi, Kota Mataram Terima 401 Jamaah

Mataram – Kantor Kementrian Agama Kota Mataram, akhirnya mengumumkan jumlah jamaah haji tahun 2022.
Kepala Kantor Kementrian Agam Kota Mataram, Haji Muhammad Amin menyampaikan setelah melalui dua kali tahap verifikasi pemerintah pusat akhirnya telah memutuskan jumlah kuota haji Kota Mataram untuk pemberangkatan tahun ini sebanyak 401 jamaah.
Selanjutnya, setelah kuota ditetapkan dan nama-nama jamaah yang masuk kuota reguler untuk berangkat tahun ini per hari ini hingga tanggal 20 Mei mendatang diberikan kesempatan untuk melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji. Untuk biaya penyelenggaraan ibadah haji, ada dua kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah. Bagi calon jamaah haji reguler yang telah melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji, biayanya sama dengan biaya yang ditetapkan pada tahun 2020 lalu. Sementara, bagi calon jemaah haji yang belum melakukan pelunasan, maupun telah mengambil kembali uang haji yang telah mereka setorkan, maka biayanya disesuaikan dengan bpih tahun ini yakni sekitar Rp. 41 juta.
“Yang 401 itu yang mulai hari ini boleh untuk mengambil keterangan lunas tahun 2002 itu sesuai dengan jumlah yang sekarang Rp.41 juta. Yang sudah pada tahun 2020 yang tidak ngambil itu dia tidak perlu menambah tinggal konfirmasi ke bank sudah tidak ada tambah lagi konfirmasi ke bank tempat penyebarannya, bukti konfirmasi itu dibawa ke kantor Kementerian Agama,” ujar Muhammad.
Muhammad menambahkan untuk pemberangkatan ibadan haji tahun ini, pemerintah telah menghapus kebijakan penggabungan pemberangkatan bagi jamaah yang memiliki hubungan keluarga.
Untuk tahun ini, jamaah yang diberangkatkan disesuaikan dengan nomor porsi pendaftaran. Dengan adanya kebijakan ini, sebanyak 12 jemaah memutuskan untuk menunda keberangkatannya, demi agar dapat berangkat bersama pasangannya pada pelaksanaan ibadah haji pada tahun berikutnya.(irh/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )