Lakukan Aktivitas Galian Pipa, PTAM Giri Menang Diingatkan Tak Lupa Kewajiban

Lakukan Aktivitas Galian Pipa, PTAM Giri Menang Diingatkan Tak Lupa Kewajiban

Lomboktvnews.com (Mataram) – Pemerintah Kota Mataram menyoroti aktivitas galian pipa air minum di Mataram yang masih berlanjut di sejumlah ruas jalan. PT. Air Minum ( PTAM) Giri Menang pun di wanti-wanti agar tak lupa akan kewajibannya, paska proyek tersebut selesai dilaksanakan.
Menurut Asisten II Setda Kota Mataram Miftahurrahman, izin atas pelaksanaan proyek galian pipa air minum itu merupakan kewenangan dari Pemerintah Provinsi NTB Karena pelaksanaannya dilakukan diruas jalan milik Pemprov NTB. “ lokasi galian pipa air minum berada diruas jalan provinsi sehingga PDAM langsung bersurat kesana (Pemprov NTB) untuk permohan izinnya “, Ungkap Asisten II Setda Kota Mataram saat ditemui diruang kerjanya, Senin ( 13/11).
Menurutnya, terkait aktivitas galian pipa diruas jalan, Pemerintah Provinsi NTB telah memiliki balai pengawasan yang khusus mengawasi pelaksanaannya. Dimana, untuk bisa melaksanakan aktivitas galian diruas jalan ada kewajiban-kewajiban yang harus dijalankan oleh kontraktor pelaksana proyek setelah rampung menyelesaikan pekerjaannya.
“Pemerintah Provinsi sudah ada balai tersendiri yang bertugas mengawasi, dan catatan-catatan prinsip kerja yang harus dipatuhi oleh pelaksana proyek sudah pasti akan diawasi, khususnya terkait kewajiban untuk mengembalikan kondisi bekas galian seperti kondisi semula. Jika bahu jalan terbuat dari batu sikat maka wajib dikembalikan seperti kondisi sebelumnya, begitupun jika dalam bentuk rabat maka diperbaiki dalam bentuk rabat,” terangnya.
Meski pun demikian, ada satu hal yang disesalkan dari aktivitas galian pipa air minum itu, yang mana, ungkap Miftahurrahman sebelum proyek dilaksanakan pihaknya tidak mendapatkan informasi yang detail tentang ruas jalan yang akan dibongkar untuk kebutuhan perbaikan jaringan pipa air minum itu.
“Pihaknya sudah mendapatkan pemberitahuan akan adanya aktivitas galian pipa air di Mataram, hanya saja tidak catatan secara detail ruas jalan mana saja yang dibongkar.mereka seharusnya juga harus melampirkan jadwal pengerjaan agar informasi ini bisa disampaikan ke masyarakat, “ ungkapnya.
Meski pun demikian, pihaknya tidak mempersoalkan dan mempersilahkan proyek galian itu berjalan, hanya saja sesuai aturan yang berlaku pihaknya tentu saja berharap proyek galian itu tidak menyisakan persoalan karena ulah tak bertanggungjawab pelaksana proyek yang tidak mengembalikan kembali kondisi jalan yang rusak seperti kondisi semula sebelum dilakukannya aktivitas galian.
“Aktivitas galian pipa air minum yang dilakukan PDAM bertujuan untuk memperbaiki kualitas pelayanan kepada masyarakat, pihaknya mendukung upaya itu, hanya saja kami tetap mengingatkan agar ruas jalan yang sudah dibongkat harus dikembalikan seperti kondisi semula “, pungkasnya.(Ir)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )