Limbah Serabut Kelapa Disulap Menjadi Pot Bunga Nan Cantik

Limbah Serabut Kelapa Disulap Menjadi Pot Bunga Nan Cantik

Lombok Barat– Kelapa, merupakan pohon dengan segudang manfaat. Mulai dari buahnya yang dapat dikonsumsi, kayunya yang dapat menjadi bahan bangunan, hingga kulit kelapa atau serabutnya yang dapat dimanfaatkan.
Seperti halnya yang dilakukan oleh seorang pria asal Kediri, Kabupaten Lombok Barat, ia menyulap serabut kelapa menjadi pot yang cantik sebagai media tanam.
Pria yang bernama lengkap Lalu Ahmad Umas itu mengatakan, idenya menyulap serabut kelapa menjadi pot, bermula dari rasa risihnya melihat sisa-sisa serabut kelapa yang teronggok begitu saja di rumahnya, hingga ia terpikirkan untuk menyulapnya menjadi pot-pot cantik.
“Awalnya banyak serabut kelapa sisa dirumah, terus (saya) coba-coba buat jadi pot.” Terangnya.
Ia menyebut proses pembuatan pot tersebut bermula dengan mencabik-cabik serabut kelapa yang ada, kemudian dimasukkan ke dalam kawat yang telah dibentuk. Dalam sehari dirinya dapat menghasilkan dua buah pot dengan berbagai bentuk.
“Pertama serabutnya dicabik-cabik, lalu dimasukkan ke dalam kawat yang sudah dibentuk. Satu sampai dua buah bisa kita hasilkan dalam sehari.” Lanjutnya.
Lebih jauh ia menerangkan, dirinya hanya mengeluarkan modal sejumlah delapan ribu rupiah untuk membeli kawat per meternya.
sejauh ini, dirinya masih belum menjual pot-pot tersebut. Di akuinya, saat ini ia masih membuat pot tersebut untuk digunakan sendiri. Namun, ia mengatakan tidak menutup kemungkinan untuk menjual pot tersebut, jika ada yang ingin membeli pot hasil karyanya.
“Sekarang masih buat dipakai sendiri di rumah, tapi kalau ada yang ingin beli ya silahkan.” Tutupnya

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )