Masyarakat Diminta Pelihara Fasilitas RTH

Masyarakat Diminta Pelihara Fasilitas RTH

Mataram – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataram secara bertahap, mulai membenahi fasilitas bermain anak di Ruang Terbuka Hijau (RTH), yang kondisinya mulai rusak dan membahayakan.
Fasilitas bermain anak di Taman Sangkareang, menjadi lokasi pertama yang dibenahi oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram, H Kemal Islam, tak menampik masih kurangnya kesadaran masyarakat dalam merawat dan menjaga fasilitas publik.
Pasalnya, kurangnya kesadaran masyarakat terutama orang dewasa yang ikut menggunakan sarana bermain anak, menyebabkan fasilitas bermain di ruang terbuka hijau cepat rusak
Disamping itu, Kemal juga mengakui belum optimalnya perawatan terhadap setiap fasilitas yang telah dibangun termasuk fasilitas bermain anak. Kondisi ini, tidak terlepas dari minimnya anggaran perawatan. Untuk mengantisipasi dan mencegah fasilitas bermain anak yang telah dibangun turut dimanfaatkan oleh orang dewasa, dalam waktu dekat ini, pihaknya akan segera mengaktifkan keberadaan satgas lingkungan hidup yang bertugas mengawasi fasilitas bermain anak yang ada, diruang terbuka hijau di Kota Mataram.
“Anggaran kita masih terbatas untuk pemeliharaan. Masyarakat juga harus ikut berpartisipasi untuk menjaga fasilitas yang sudah bangun. Gak mungkin juga kalau ini untuk masyarakat tapi tidak ikut menjaganya. Kita harapkan peran serta masyarakat”, himbau Kemal.
Kemal menegaskan, pembenahan terhadap kondisi fasilitas bermain di ruang terbuka hijau juga di hajatkan untuk memenuhi kebutuhan anak di Kota Mataram, yang sudah ditetapkan sebagai kota layak anak.
Namun, karena terbatasnya kemampuan keuangan daerah, kegiatan pembenahan fasilitas bermain anak, dilakukan secara bertahap. Untuk kebutuhan perbaikan fasilitas bermain anak di taman Sangkareang, anggaran yang digelontorkan sekitar Rp 150 juta.(irh/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )