Masyarakat Serbu Pasar Rakyat Sembako

Masyarakat Serbu Pasar Rakyat Sembako

Mataram – Dalam rangka mengantisipasi antisipasi ketersediaan dan stabilisasi harga kebutuhan pokok, menjelang bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah, Dinas Perdagangan Kota Mataram, menggelar pasar rakyat.
Untuk mendapatkan kebutuhan pangan, dengan harga yang lebih murah dibanding harga di Pasaran, ratusan warga sejak pagi telah memenuhi lokasi pasar rakyat sembako di Kawasan Kantor Lurah Pejeruk, Kecamatan Ampenan Kota Mataram.
Dari berbagai jenis barang kebutuhan pokok yang dijual, ada dua komoditi yang menjadi perhatian khusus masyarakat, yakni gula pasir dan minyak goreng.
Untuk mendapatkan dua komoditi itu, warga pun rela berdesak-desakan, untuk membeli gula pasir yang dijual dengan kisaran harga Rp. 13.500 hingga Rp.14.000, serta minyak goreng kemasan yang dijual dengan kisaran harga Rp. 20.000 hingga Rp. 23.000.
Namun, sayang, tingginya animo masyarakat ini tak dibarengi dengan ketersediaan barang yang cukup. Sejumlah warga harus kecewa dan pulang dengan tangan hampa, karena dua komoditi tersebut langsung ludes terjual hanya dalam waktu kurang dari 2 jam.
Warga juga mengeluhkan sistem pembelian di arena pasar rakyat ini, yang tidak diatur dengan tertib.
Lurah Pejeruk, Lalu Bagus Apriady, menyampaikan, Animo masyarakat untuk mendapatkan barang kebutuhan pokok terbilang cukup tinggi.
Warga berharap, agar harga barang yang dijual bisa ditekan jauh lebih murah dibanding harga dipasaran.
Sementara itu, kepala Bidang Pengendalian Bahan Pokok dan Penting Dinas Perdagangan Kota Mataram, Sri Wahyunida mengatakan, sekitar 38 distributor serta ritel modern, ikut berpartisipasi terlibat dalam kegiatan pasar rakyat tersebut.
Dalam kegiatan pasar rakyat itu, hampir semua barang kebutuhan pokok, bisa didapatkan oleh masyarakat termasuk minyak goreng. Bahkan, meski harga minyak goreng sudah kembali naik, dan disesuaikan dengan harga pasaran, namun animo masyarakat untuk membeli minyak goreng tetap tinggi.
Melihat kondisi itu, Sri Wahyunida akan meminta pihak distributor maupun ritel modern untuk menambah stok pangan yang dijual di arena pasar rakyat.
Dalam rangka antisipasi ketersediaan dan stabilisasi harga kebutuhan pokok, menjelang bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah, serta memastikan masyarakat memperoleh bahan pangan, dengan kualitas dan harga yang wajar, Pemerintah Kota Mataram melalui Dinas Perdagangan, menggelar pasar rakyat sembako.
Kegiatan serupa, dijadwalkan akan dilakukan di enam kecamatan di Kota Mataram.(irh/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )