Mataram Rancang Pembangunan Untuk 20 Tahun Kedepan

Mataram Rancang Pembangunan Untuk 20 Tahun Kedepan

Mataram,- Pemerintah Kota Mataram mulai merancang pembangunan untuk generasi yang akan datang yang tertuang dalam Rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) 2025-2045.

Kegiatan ini diresmikan langsung oleh Wali Kota Mataram H. Mohan ROliskana, di Hotel Lombok Raya, Kamis (07/03/2024).

“Tahun 2024, menjadi tahun istimewa dalam penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah. Karena pada tahun 2024, Pemerintah Daerah wajib menyusun RPJPD periode 2025-2045 yang harus ditetapkan paling lambat Bulan Agustus.” Ungkapnya dalam sambutan.

Lebih jauh ia menyebutkan, RPJPD adalah wadah yang strategis dan penting sebagai wadah partisipasi dalam proses pembangunan daerah.
Dalam wadah ini semua pihak bisa melakukan penajaman, penyelarasan dan klarifikasi terhadap rancangan perencanaan pembangunan daerah yang telah disusun.

Dalam menyusun perencanaan pembangunan daerah terdapat permasalahan dan isu strategis yang harus diperhatikan dan sebagai dasar perumusan Visi dan Misi pembangunan.

“perumusan permasalahan dan isu strategis pembangunan di Kota Mataram telah dilakukan melalui penjaringan aspirasi masyarakat, FGD dan diskusi tematik, Kajian Lingkungan Hidup Strategis serta penyelarasan terhadap RPJPD Provinsi NTB dan RPJPN Tahun 2025-2045. “ Lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Bidang P2EPD Bappeda Provinsi NTB Lalu Miftahul Ulum mengapresiasi kinerja Pemerintah Kota Mataram karena kabupaten/kota pertama yang melaksanakan RPDPD 2025-2045.

Kegiatan ini ia pandang selaras dengan rancangan jangka panjang Pemerintah Provinsi NTB yang tertuang dalam visi NTB EMAS 2045 yang mencakup : Ekonominya Maju, Manusianya Kuat, Aman Berkelanjutan Lingkungannya, Sejahtera masyarakatnya.

Dengan kegiatan penyusunan RPJPD di Kota Mataram, dia berharap setiap program bisa diimplementasikan untuk kesejahteraan masyarakat.

CATEGORIES

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )